Techno

Inovasi dan Digitalisasi di Indonesia Jauh Tertinggal

0
literasi digital
ilustrasi inovasi dan digitalisasi di Indonesia (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Asian Development Bank (ADB) menyebut bahwa tingkat inovasi dan digitalisasi di Indonesia di tingkat Asean jauh tertinggal. Berdasarkan data Asian Development Bank (ADB) pada 2020, tingkat inovasi dan digitalisasi Indonesia hanya sebesar 0,08, jauh di bawah Thailand dan Vietman yang masing-masingnya sebesar 0,62 dan 0,44.

Peringkat Indonesia ini juga tercatat lebih rendah dari Filipina dan Kamboja yang masng-masingnya tercatat sebesar 0,14 dan 0,12. Sementara secara rata-rata inovasi dan digitalisasi negara-negara Asean berada pada level 0,70.

Baca Juga : Kisah Bisnis Es Krim Bertahan dari Covid-19 dengan Digitalisasi

Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional Titik Anas dalam acara Webinar Strategi Pemulihan Ekonomi PascaCovid-19 dan Peningkatan Kemudahan Berusaha Indonesia, Selasa (20/10/2020).

“Digitalisasi kita masih rendah. Laporan ADB, inovasi dan digitalisasi [Indonesia] masih rendah dibanding negara-negara lain di Asean,” katanya.

Selain itu, dia memaparkan Indonesia juga dihadapkan pada masalah produktivitas yang rendah. Berdasarkan data Productivity Database 2019 Asian Productivity Organization (APO), total factor productivity terus mengalami penurunan sejak 2012.

Baca Juga : 1 Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Ekonom: Tiap Warga Negara Dibebani Utang Rp20,5 Juta
APO juga mencatat capital productivity Indonesia menurun. Titik menjelaskan, data-data tersebut menunjukkan ekonomi Indonesia tidak efisien. Bahkan, ekonomi Indonesia tidak bergerak sejak 25 tahun terakhir.

“25 tahun terakhir kita gitu-gitu saja di dunia, kita adalah eskportir kecil, di 1994 kita eksportir kecil, sekarang juga eksportir kecil. Beda misalnya China dari kecil jadi besar. Beberapa negara lain juga ada yang bertransformasi,” jelasnya.

Titik mengatakan, perlu diciptakan faktor-faktor yang bisa lebih mendukung transformasi ekonomi, misalnya efisiensi pasar tenaga kerja, infra ditingkatkan, perbaikan institusi, diversifikasi produk, hingga peningkatan inovasi.

Hal ini dilakukan agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap), menjadi negara maju sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Ekonom Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan saat ini Indonesia sedang menjalani transformasi teknologi dan digital.

Terkhusus pada masa pandemi Covid-19, transformasi digital semakin dibutuhkan dan akan berjalan dengan sangat cepat. Penggunaan teknologi menurutnya akan bisa mendorong peningkatan produktifitas.

“Ini akan jadi bagian besar yang perlu dipersiapkan,” ujarnya.

Meski demikian, Yose mengatakan dari sisi pendidikan, sebagian besar tenaga kerja di Indonesia masih belum siap dalam penggunaan teknologi meski akan sangat berdampak pada produktivitas.

Oleh karena itu, imbuhnya, masih banyak hal yang harus diperbaiki terkait dengan ketenagakerjaan di Indonesia, yang harus diterjemahkan dalam bentuk kebijakan yang dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi tenaga kerja.

sumber : Bisnis

Bayu

Viral, Ini Cara Kreatif Promo ala Youtuber Arief Muhammad

Previous article

Tim Nasional U-19 Ikut Turnamen Toulon di Prancis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno