News

Sampo Bayi Mampu Menonaktifkan Covid-19

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Peneliti dari Penn State College of Medicine menemukan cara baru perlindungan Covid-19. Pemimpin studi Profesor Craig Meyers mengklaim obat kumur dan sampo bayi tertentu memiliki kemampuan untuk menonaktifkan virus Covid-19 tersebut.

Mengenakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman adalah tiga cara efektif untuk melindungi diri dari virus corona. Tetapi para

“Sementara kami menunggu vaksin dikembangkan, metode untuk mengurangi penularan diperlukan. Produk yang kami uji sudah tersedia dan sering kali menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari orang,” ujarnya seperti dilansir dari Express UK, Rabu (21/10/2020).

Para peneliti menguji beberapa perlindungan sehari-hari, termasuk larutan sampo bayi 1 persen, pembersih mulut peroksida, dan obat kumur. Setiap produk dibiarkan berinteraksi dengan virus selama 30 detik, satu menit, dan dua menit, sebelum diencerkan.

Baca Juga : Awas Keramas Tiap Hari Bikin Rambut Makin Berminyak

Hasil penelitian menunjukkan larutan sampo bayi 1 persen, yang sering digunakan untuk membilas sinus, menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus setelah dua menit. Sementara beberapa produk obat kumur terbukti menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus hanya dalam 30 detik.

Meyers mengatakan orang yang dites positif Covid-19 dan kembali ke rumah untuk karantina mungkin dapat menularkan virus ke orang yang tinggal bersamanya. Profesi tertentu termasuk dokter gigi dan pekerja perawatan kesehatan lainnya selalu berisiko terpapar.

Oleh karena itu uji klinis ini menurutnya diperlukan untuk menentukan apakah produk tersebut dapat mengurangi jumlah pasien positif virus atau mereka dengan pekerjaan berisiko tinggi dapat menyebar saat berbicara, batuk, atau bersin.

“Bahkan jika penggunaan solusi ini dapat mengurangi transmisi hingga 50 persen, itu akan berdampak besar,” tegasnya.

Meski temuan penelitian cukup menjanjikan, sampo bayi dan obat kumur saat ini tidak direkomendasikan oleh NHS untuk melindungi dari virus corona. Badan kesehatan itu merekomendasikan menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkannya dengan hand sanitizer, menggunakan masker, serta menghindari tangan untuk menyentuh area muka.

Sumber :  Bisnis

Bayu

Ole Gunnar Solskjaer Puji De Gea dan Tuanzebe

Previous article

Pakar Hukum UGM : Jokowi Disorientasi Kepemimpinan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News