Kota JogjaNews

Hobi Tanaman Hias, Warga Kotagede Raup 10 Juta

0
tanaman hias Kotagede
tanaman hias Kotagede (Novi N)

STARJOGJA.COM, Info – Berawal dari hobi menggeluti tanaman hias, Sugeng warga Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, dalam sebulan mampu menghasilkan hingga Rp 10 jutaan. Sugeng menjelaskan hobinya ini dimulai tahun 2005 dan memulai usaha menjual tanaman hidup berbagai jenis dari sayuran, buah-buahan dan lainnya.

“Dulu waktu awal banget cuman punya 8 tanaman, terus nyoba ngembangin apakah hobi saya ini bisa saya kembangin apa gak gitu,” terang Sugeng, Rabu (21/10/2020).

Menggunakan lahan sisa dirumahnya di Kotagede, Sugeng menjual tanaman hias. hasil dari kecintaan pensiunan pegawai ini mulai terlihat, saat ini setidaknya ada 4000 pot yang dimiliknya.

Baca juga : Pembukaan Pameran dan kontes tanaman hias di Lapangan Minggiran

“Gak mudah ngembangin tanaman, kita harus tahun karakter harus tahu jenis tanamannya, harus tahu dia butuh panas apa enggak,” tuturnya.

Karena kecintaaan pada tanaman itulah yang membuatnya ia tidka terlalu matok harga tanamannya. Baginya bukan harga mahal yang dicarinya tetapi tanaman itu dapat hidup dan subur.

“Kadang kalau lagi di jalan terus liat ada tanaman layu rasanya pengen bawa pulang terus ganti pot sama tanahnya,” ujarnya.

“Saya paling suka kalau ada kerjaan buat tanah kosong jadi taman, rasanya bahagia tiada tara mereka tampak cantik gitu setelah ditata,” cerita pria tiga anak itu.

Ia mematok harga tanaman dari harga Rp 5 ribuan sampai jutaan. Tanaman bunga hias anggrek masih menjadi primadona pembeli yang datang ke tempatnya.

“Kondisi sekarang ini peminat tanaman hias makin banyak mba, mungkin mereka mengalihkan kejenuhan jadi beralih ke tanaman hias atau lainnya,”tambahnya.

Dia menambahkan saat ini tanaman hidup yang lagi booming yakni tanaman hydroponik atau sayur-sayuran.

 

 

Bayu

Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik 2020

Previous article

Bendung Lepen, Wisata Baru di Tengah Kota Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja