NewsPendidikan

Ini Cara Atasi Kecanduan Internet Pada Anak

0
kecanduan internet
FOTO : Deni

STARJOGJA.COM,INFO – Kecanduan internet pada anak sering membuat pusing orang tua. Disadari, Fenomena kecanduan internet pada anak kian marak dalam beberapa waktu terakhir. kondisi ini sering mengakibatkan anak-anak malas belajar dan memengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental.

Dokter spesialis kejiwaan RSA UGM, dr. Shinta Retno Kusumawati, Sp.KJ., mengatakan cara utama untuk mengatasi anak yang tidak bisa lepas dari internet itu adalah dengan memberikan batasan waktu pada anak dalam mengakses internet.

Ia mengatakan bahwa orang tua memegang peranan penting dalam mengatasi kecanduan internet pada anak. Orang tua diharapkan bisa dengan jelas memberikan batasan waktu bagi anak untuk mengakses internet.

“Sebelum memberikan gadet atau fasilitas mengakses internet sebaiknya orang tua membuat kontrak dengan anak untuk akses penggunaan internet. Misal boleh mengakses berapa lama, jika mengakses berlebih sanksinya apa,” tuturnya dalam diskusi  bertajuk Tips Mengatasi Ketergantungan Internet Pada Anak Remaja di  Masa Pandemi Covdi-19 yang disiarkan secara live di IG RS UGM, Selasa (27/10).

Cara berikutnya adalah memberikan pengertian pada anak terkait alasan pembatasan penggunaan gadget dan internet. Berikan penjelasan terkait dampak negatif yang didapat ketika kecanduan internet seperti munculnya masalah kesehatan mata, saraf, bahkan depresi.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah memberikan anak kegiatan alternatif selain internet. Misalnya dengan memfasilitasi kegiatan sesuai dengan hobi atau kesukaan anak yang tidak menggunakan internet.

“Alihkan pada kegiatan lain yang positif/bermanfaat,”katanya

Ops Zebra Progo Turut Awasi Protokol Kesehatan

Previous article

Alat Uji Covid-19 GeNose Masuk Uji Diagnostik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News