Feature

Gereja Gotik di Jogja, Bangunan Unik yang Instagramable

0
Gereja Gotik Jogja
Gereja Gotik di Jogja (Novi N)

STARJOGJA.COM, Info – Gereja Gotik di Jogja muncul dari sebutan masyarakat karena bentuknya menyerupai gereja. Padahal, bangunan ini adalah sebuah hunian yang telah lama ditinggalkan. Dibangun pada tahun 1979 dengan bentuk rumah konvensional, kemudian dipugar dengan rupa seperti saat ini sekitar tahun 1986.

“Ini bukan gereja, dari dulu ini rumah hunian. Mungkin orang-orang bilang ini gereja karena bangunannya mirip seperti gereja dan ada patung Yesusnya,” ujar Paryono, warga sekitar Sayidan.

Gereja Gotik ini terletak di gang sempit Sayidan, Gondomanan, Yogyakarta. Penggunaan menara-menara dan patung menambah kuat arsitektural Eropa bangunan ini.

Baca juga : Ganjuran , Gereja Katolik Pertama di Bantul

“Pemilik rumah ini adalah warga keturunan Tionghoa bernama Esther Widyo Wanandyo, yang tidak lain adalah istri dari R. Petrus Haryono, Seorang perajin batik yang memiliki relasi dengan Keraton Yogyakarta,” imbuhnya.

Sepeninggalan sang suami, Ester Haryono yang merawat rumah tersebut.
Setelah nyonya rumah meninggal, sisa sang anak yang mengurusi rumah tersebut. Salah satu anak bungsu dari Ester Haryono sempat menempati rumah tersebut, namun pada akhirnya juga meninggalkan rumah itu.

Karena bentuk arsitektural yang unik, bangunan ini menjadi cagar budaya pada tahun 2000. Model bangunannya yang menarik ini juga memikat banyak orang.

“Dulu pernah buat syuting video klipnya Ari Lasso, kalo sekarang buat foto-foto anak muda aja, ngambil gambarnya dari tanah kosong biar backgrongnya keliatan,” ujarnya.

“Bangunan ini juga baru selesai direnovasi 2 tahun yang lalu, ada tambahan bangunan di sisi timurnya, tapi sampai sekarang bangunannya tetap ditutup,” tutupnya.

Novi Nabelasari

Bayu

Mengenal Pasar Senthir Jogja, Surga Barang Bekas

Previous article

Santri Pondok Pesantren Positif Covid-19 di Bantul Dikarantina

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature