News

Jawaban Sri Mulyani Soal Utang RI

0
berperilaku Flexing
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi (kiri) melihat barang bukti motor Harley Davidson saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu berhasil mengungkap penyelundupan sepeda motor Harley Davidson pesanan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara dan dua sepeda Brompton beserta aksesorisnya menggunakan pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

STARJOGJA.COM, Info – Indonesia berhutang banyak saat masa pendemi Covid-19 sehingga Menteri Keuangan Sri Mulyani harus menghadapi ‘nyinyiran soal utang’ itu. Sri Mulyani pun memiliki jawaban sendiri atas nyinyiran utang itu.

Menurutnya, dampak pandemi sangat menekan APBN karena penerimaan yang jatuh. Di tengah kondisi pandemi, pemerintah berusaha untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Oleh sebab itu, APBN mengalami defisit yang dalam. Seperti diketahui, pemerintah melalui Perppu No.1 Tahun 2020, yang telah disahkan sebagai Undang-Undang (UU) No.2 Tahun 2020, menaikkan batas defisit hingga 6,34 persen terhadap PDB atau setara dengan Rp 1.039,2 triliun.

Baca Juga : Santri Pondok Pesantren Positif Covid-19 di Bantul Dikarantina

Dengan defisit ini, tentu pemerintah harus menambal – salah satunya- dengan utang.

“Makanya ada saja orang yang nyinyir ke saya itu soal utang-utang. Ya tidak apa-apa, wong itu utang untuk menyelamatkan jiwa seluruh masyarakat di Republik Indonesia,” kata Sri Mulyani, dalam webinar, Senin (3/11/2020).

Menurutnya, pemerintah berupaya untuk mengenjot permintaan dan pasokan barang di masyarakat agar pertumbuhan ekonomi kembali bangkit. Saat ini, akibat pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia melorot hampir 10 persen dari kondisi normal sebelum Covid-19.

“Bayangkan, dari yang kita biasanya 5 persen tumbuh, kuartal I sudah turun di 2,97 persen, lalu kuartal II negatif 5,3 persen. Berarti ini sudah 10 persen jatuhnya kan?” ungkap Sri Mulyani.

Dengan APBN, pemerintah memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang pendapatannya hilang. Tidak hanya masyarakat, dunia usaha juga harus ditopang. Banyak perusahaan yang kapasitas produksinya turun dari 100 persen menjadi 25 persen.

“Kami juga masih memberi insentif lagi supaya mereka enggak mati, karena kami ingin selamatkan ekonomi,” tegasnya. Di sinilah, lanjut Sri Mulyani, fungsi APBN sebagai alat bagi pemerintah dalam mengambil langkah countercyclical di tengah kondisi saat ini.

Sumber : Bisnis

Bayu

Barcelona Akan Memotong Gaji Lionel Messi

Previous article

Sudah 161 Tenaga Medis Meninggal karena Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News