NewsNusantara

Babinsa Dukung Bulan Imunisasi Sekolah

0
Babinsa imunisasi

STARJOGJA.COM, MAGELANG – Babinsa Dukung Bulan Imunisasi Sekolah, Untuk menyiapkan generasi penerus yang kuat dan sehat jauh dari gangguan kesehatan, petugas dari Puskesmas Dukun melaksanakan program pemerintah dengan melaksanakan imunisasi terhadap anak sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD), program yang biasa kita kenal dengan Program BIAS  (Bulan Imunisasi Anak Sekolah).

Untuk mensukseskan program yang diselenggarakan oleh petugas medis Puskesmas Dukun ini melibatkan Babinsa guna melaksanakan pendampingan imunisasi. Seperti BIAS yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Dukun, Sabtu (07/11).

Diharapkan dengan adanya pendampingan dari Babinsa ini siswa yang akan diimunisasi tidak merasa takut. Kejadian dari program BIAS yang sudah dilaksanakan, beberapa siswa yang menangis saat akan di imunisasi, disinilah peran Babinsa dan guru harus pandai menenangkan agar imunisasi bisa berjalan dengan lancar.

Tim Kesehatan dari Puskesmas Dukun yang berjumlah 5 orang diketuai oleh drg. Dewi Riani, pelaksanaan imunisasi diberikan terhadap siswa – siswi kelas 1,2 dan 5 siswa sebanyak 18 siswa , untuk jenis Imunisasi yang diberikan adalah imunisasi DT ( dipteria tetanus) yang bertujuan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sehingga dengan imunisasi anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.

“Pelaksanaan imunisasi ini bertujuan untuk mencegah penyakit sejak dini sehingga saat anak – anak besar nanti mereka sudah kebal terhadap 3 macam penyakit tersebut ”, ungkap Indah, salah satu petugas imunisasi dari Puskesmas Dukun.

Komandan Koramil 15/Dukun Kodim 0705/Magelang Kapten Kavaleri Winarto menuturkan, Koramil sebagai satuan komando kewilayahan sangat mendukung kegiatan ini, salah satunya dengan memerintahkan para babinsa untuk ikut mendampingi pelaksanaan BIAS di wilayah binaan masing-masing.

“Dengan adanya pendampingan dari babinsa diharapkan program pemerintah bisa sukses dan berjalan lancar, selain itu dengan kehadiran Babinsa bisa menghibur dan menyemangati anak – anak yang akan di imunisasi agar tidak takut atau menangis saat disuntik” terang Winarto.

Sedangkan Kepala Sekolah Dasar Negeri 3 Dukun, Sumarlan, S.Pd, sangat mendukung program BIAS yang dilaksanakan setiap tahun, karena dengan imunisasi bisa mencegah generasi penerus bangsa agar tidak terinfeksi berbagai macam penyakit, baik itu titanus, difteri atau batuk rejan ( pertusis ).

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang sudah melaksanakan tugas imunisasi  kepada siswa – siswi SDN 3 Dukun”, pungkas Sumarlan

Daftar Minuman Tradisional Daerah Favorit, Sudah Mencicipi?

Previous article

TNGM Tutup Sementara Objek Wisata Alam lereng Merapi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News