NewsNusantara

Kamala Harris, Perempuan Pertama Jadi Wapres AS

0
Kamala Harris Libra
Kamala Harris, calon wakil presiden AS dari Partai Demokrat, mengacungkan dua jempol saat kampanye di Philadelphia, Pennsylvania, 2 November 2020. (Foto: Reuters)

STARJOGJA.COM, INFO- Kamala Harris, Perempuan Pertama Jadi Wapres AS. Joe Biden diproyeksikan sebagai Presiden Terpilih Amerika Serikat, Sabtu (7/11) pagi. Biden berhasil meraih 273 kursi elektoral dengan tambahan 20 suara elektoral dari Pennsylvania

Kini ia akan memimpin bersama senator asal negara bagian California, Kamala Harris, yang sebelumnya juga menjadi penantangnya ketika memperebutkan nominasi Partai Demokrat.

Ketika dilantik nanti Kamala akan menjadi perempuan pertama dalam sejarah 244 tahun Amerika yang menjadi wakil presiden. Ia adalah perempuan multi-etnis pertama yang meraih posisi puncak. Ayahnya berasal dari Jamaika, sementara ibunya berasal dari India.

Ucapan selamat dari berbagai pemimpin dunia berdatangan tak lama setelah capres dari Partai Demokrat, Joe Biden diproyeksikan memenangkan suara elektoral dari salah satu negara bagian yang menentukan, Pennsylvania, Sabtu (7/11). Biden akan jadi presiden AS ke-46.

Perdana Menteri Kanada Justin menyatakan siap bekerja sama untuk mengatasi tantangan dunia seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim. “Mewakili Pemerintah Kanada, saya ucapkan selamat pada Joe Biden dan Kamala Harris yang terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS berikutnya. Kanada dan Amerika Serikat punya hubungan yang luar biasa, hubungan yang unik.”

Dari Eropa, ucapan selamat berdatangan termasuk pemimpin negara Jerman dan Perancis yang hubungannya tegang dengan Presiden Trump, meskipun sama-sama anggota G7 dan mitra NATO. Dalam cuitannya Kanselir Jerman Angela Merkel katakan “Saya tidak sabar bekerja sama dengan Presiden Biden. Persahabatan trans-Atlantik kita tidak tergantikan bila kita bisa atasi tantangan-tantangan besar yang kita hadapi saat ini.”

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, “Amerika adalah sekutu terpenting kami dan saya tak sabar untuk bekerja sama dalam (isu-isu) yang jadi prioritas Bersama kita, mulai dari perubahan iklim hingga perdagangan dan keamanan.”

Di bawah Trump, Amerika yang merupakan penghasil gas rumah kaca terbesar kedua, keluar dari kesepakatan Paris yang membatasi emisi gas rumah kaca, Rabu (4/11). Biden berjanji akan Kembali bergabung dalam kesepakatan itu kalau terpilih.

“Warga Amerika telah memilih presiden mereka,” cuit Presiden Perancis Emmanuel Macron. “Banyak yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah-masalah saat ini. Mari kita bekerja sama!”

SUMBER : VOA INDONESIA

Joe Biden Jadi Presiden Terpilih AS ke-46

Previous article

Merapi jadi Siaga, Kelompok Rentan Mulai Dievakuasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News