Lifestyle

Aspek Paling Berat bagi Ibu saat Pandemi Covid-19

0
mengajari anak disiplin
aspek berat pandemi Covid-19 (ilustrasi)

STARJOGJA.COM, Info – Kehidupan di pandemi Covid-19 berdampak pada kehidupan semua orang. Teman Bumil, aplikasi ibu milenial, menggandeng dengan Populix, platform riset pasar di Indonesia, kembali mengadakan survei online untuk mengetahui aspek yang paling berat terdampak pandemi di keluarga terutama bagi ibu.

Survei bertajuk “Dampak Pandemi Terhadap Kondisi Kesehatan Mental” ini dilakukan Teman Bumil dan Populix pada pertengahan Oktober 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 1.230 orang. Namun hanya 1.192 yang masuk kriteria untuk dianalisis. Mayoritas merupakan ibu rumah tangga yang sudah menikah dengan 1-2 anak (54 persen) diikuti sudah menikah tetapi belum punya anak (43 persen).

Dari hasil survei yang diterima Bisnis, Rabu (11/11/2020), hasilnya menunjukkan bahwa 9 dari 10 atau 91 persen ibu rumah tangga yang mengikuti survei mengaku terdampak Covid-19.

Baca Juga :  Jarak yang Pas Memiliki Anak Kedua

Sebanyak 643 orang atau 60 persen mengalami masalah terbesar di sektor keuangan, 37 persen di sektor kesehatan terkait kecemasan terhadap Covid-19, dan hanya 3 persen ibu rumah tangga yang bermasalah dengan pendidikan jarak jauh untuk anak-anaknya.

Penyebab kesulitan keuangan ternyata berbeda, tergantung kelompok sosial ekonomi dan wilayah domisili. Korban pemotongan gaji, lebih banyak dialami oleh responden kelas menengah ke atas. Adapun untuk kelas menengah ke bawah, rata-rata menjadi korban PHK dan lebih sulit mencari pekerjaan.

Responden yang mengalami masalah keuangan akibat usaha sepi pembeli, mayoritas tinggal di Bandung (45 persen). Kemungkinan hal ini disebabkan turunnya jumah wisatawan yang signifikan. Pasalnya, Bandung merupakan tujuan wisata akhir pekan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Menyamar Petugas Satgas Covid-19, Perhiasan Lenyap

Previous article

Fiorentine Steak, Konon Steak Terlezat di Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle