Kab Gunungkidul

Channa, Ikan Gabus Cantik Kian di Gemari

0
Ikan Channa
Ikan Channa yang kian digemari (Riko)

STARJOGJA.COM, Info –¬†Mulai banyak digemari masyarakat membuat Yogi warga Karangawen, Girisubo, Gunungkidul mengoleksi dan membudidayakan ikan Channa.

“Jadi Channa itu udah mulai ramai sejak 4 tahun lalu tapi booming baru tahun-tahun ini, sudah sejak 2 tahun lalu saya mulai koleksi,” ujar Yogi pecinta ikan hias selasa (10/11/20).

Yogi mengatakan Channa sudah mulai digemari masyarakat sejak 4 tahun yang lalu selain itu, corak yang eksotis dan memiliki harga yang tinggi membuat banyak kolektor mencari ikan ini.

Baca juga : Ini Hewan Paling Mematikan di Dunia

“Jadi banyak jenisnya ada yellow sentarum, red sampit, toman dan harganya bervariasi biasanya beli dari anakan mulai dari 30 ribu sampai 150 ribu tergantung ukuran,” ujarnya.

Harga Channa tidaklah murah. Anakan yellow sentarum dibanderol Rp 30.000-Rp 45.000 per ekor ukuran 5-6 sentimeter (cm) dan Rp 150.000 per ekor untuk red sampit.

Sementara toman (Channa micropeltes) sedikit lebih murah, di pasar ikan biasa ditawarkan Rp 30.000 sudah dapat ukuran di atas 10 cm. Yogi menambahkan Channa cocok dipelihara orang yang malas tetapi ingin memelihara ikan hias karena mudah perawatannya.

Penulis Riko Afrianto

Aktifitas Merapi, Pagi Ini Merapi Gugurkan Material Sebanyak 3 Kali

Previous article

Hobi Voli Membawa Rizqi Prestasi dan Relasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *