Flash Info

Denmark Berhasil Uji Coba Vaksin Covid-19

0
nol kasus DIY
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Kabar baik dalam memerangi Covid-19 datang dari Denmark untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Institut Serum Negara Denmark (SSI) dilaporkan berhasil melawan varian Cluster 5 dari wabah tersebut.

Calon vaksin virus Corona baru buatan Denmark itu terbukti efektif pada uji coba hewan. Varian Cluster 5 Covid-19 itu bermutasi dari cerpelai (sejenis musang), yang ditemukan di negara tersebut.

Otoritas Denmark pekan lalu memulai rencana pemusnahan 17 juta cerpelai akibat menemukan penyebaran virus di peternakan hewan tersebut. Denmark memang menjadi salah satu negara dengan populasi cerpelai terbesar di dunia.

Baca Juga :  Denmark Umumkan Aturan Social Distancing Baru

Riset awal dari jenis virus yang bermutasi, yang dikenal Cluster 5, menunjukkan virus memiliki sensitivitas yang menurun terhadap antibodi, sehingga berpotensi membahayakan keampuhan vaksin masa depan.

Namun antibodi dari kelinci yang diobati dengan calon vaksin tahap awal milik Institut Serum Negara Denmark (SSI) berhasil melawan varian Cluster 5, menurut ilmuwan terkemuka SSI, Anders Fomsgaard.

“Kami tidak dapat mengelak untuk tidak menguji antibodi kelinci yang kami miliki terhadap Cluster 5, dan itu efektif,” kata Fomsgaard kepada lembaga penyiar Denmark DR, Kamis.

Calon vaksin tersebut, yang pada tahap awal pengembangan, akan segera digunakan pada uji coba manusia, yang belum pasti akan memiliki efek yang sama.

“Apakah ini juga berlaku untuk vaksin lainnya dan apakah itu berlaku untuk antibodi manusia, kami tidak tahu,” katanya.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa mengatakan penilaian risiko pada Kamis memunculkan “ketidakpastian yang besar” mengenai ancaman potensial yang ditimbulkan dari penyebaran virus ke cerpelai, mutasinya, serta konsekuensi penyebaran ke manusia.

 

Sumber : Bisnis

Pecah Rekor, Kasus Positif Covid-19 Hari Ini Mencapai 5.444 Kasus

Previous article

Tagar #SavePapuaForest Trending di Twitter Ternyata Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info