Kab GunungkidulNews

Aktivis JCW Jalan Mundur ke Bawaslu Gunungkidul

0
jalan mundur
Ilustrasi Aksi Aktivis JCW

STARJOGJA.COM, WONOSARI – Aktivis JCW Jalan Mundur ke Bawaslu Gunungkidul.  Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba kembali melalukan aksi tunggal. Kali ini Kamba long march dengan jalan mundur dari alun-alun Pemerintah Daerah Gunungkidul menuju kantor Bawaslu Gunungkidul Jalan Veteran, Trimulyo I, Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Dengan jarak tempuh kurang lebih 700 meter.

Menggunakan topi caping, topeng superhero Spiderman, batik lurik dan menempelkan sejumlah uang mainan dan amplop, aktivis JCW ini mendukung Bawaslu Kabupaten Gunungkidul untuk tak segan menindak tegas apabila menemukan pelanggaran pemilu misalnya politik uang. Mengingat potensi politik uang di Gunungkidul terbilang tinggi.

Makna dari menggunakan batik lurik adalah agar Bawaslu Gunungkidul bersama pihak kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) agar tetap profesional dan menjaga integritas dalam menegakkan aturan Pilkada.

” Apabila ada calon yang melanggar, maka harus ditindak tanpa pandang bulu, ” pintanya.

Sementara mainan uang dan amplop mengingatkan kepada para pemilih di kabupaten Gunungkidul agar berani menolak politik uang dalam bentuk apapun termasuk pemberian bantuan sosial (Bansos) jelang pencoblosan 9 Desember 2020 nanti.

” Bawaslu Gunungkidul harus mengawasinya,” tegas Kamba.

Aksi jalan mundur mencerminkan agar masyarakat Gunungkidul tidak mundur dengan memilih calon yang terlibat korupsi atau pun bermasalah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Topeng superhero spiderman menggambarkan agar ada keberanian dari penegak hukum termasuk Bawaslu dan masyarakat untuk melaporkan jika menemukan politik uang.

Namun, problemnya adalah seringnya masyarakat tidak berani melaporkannya karena akan kena “sanksi” dikucilkan, misalnya. Karena dianggap tidak kompak dengan masyarakat yang lain.

Kaya Fitonutrien, Cokelat Hitam Dapat Mencegah Covid-19

Previous article

Ini Dia Keputusan Libur Akhir Tahun atau Cuti Bersama 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *