Health

Pemda DIY Menyiapkan Tenaga Vaksinator

0
pengakuan disuntik vaksin
relawa Elisa Granato diuji coba suntik vaksin virus corona(Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan semua yang berkaitan dengan vaksinasi seperti mulai menyiapkan tenaga vaksinator. Tenaga vaksinator ini yang akan melaksanakan vaksinasi COVID-19, termasuk yang akan menyosialisasikan program vaksinasi ini.

“Saat ini sedang dilatih vaksinator, orang yang akan melaksanakan penyuntikan vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, para vaksinator itu antara lain berasal dari unsur pegawai Dinas Kesehatan DIY serta dinas kesehatan di kabupaten/kota.

Baca juga : Menteri Kesehatan Menyiapkan Simulasi Vaksinasi Covid-19

“Mulai dari dinas kesehatan provinsi, dinas kesehatan kabupaten/kota, fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) mengirimkan vaksinatornya untuk dilatih,” kata dia.

Setelah para vaksinator mendapatkan pelatihan, kata dia, sosialisasi mengenai program vaksinasi COVID-19 baru akan dilakukan secara bertahap berbagai informasi mengenai vaksin itu termasuk efek samping yang berpotensi ditimbulkan.

Selain vaksinator belum siap diterjunkan, menurut Pembajun, hingga kini sosialisasi vaksin itu belum dilakukan karena belum ada kepastian vaksin apa yang akan digunakan.

“Sampai sekarang kan belum (dipastikan). Kita baru disuruh menyiapkan data saja, walaupun informasi terbesar kita kemungkinan pakai Sinovac,” kata dia.

Mengenai alokasi vaksin COVID-19 untuk DIY, Pembajun mengatakan bahwa hingga kini belum dipastikan jumlahnya.

Meski sebelumnya DIY diperkirakan mendapat alokasi 2,2 juta vaksin pada periode pertama, ia menyebut angka itu masih memungkinkan berubah mengingat kriteria khusus penerima vaksin harus bukan pemilik riwayat penyakit penyerta (komorbid) maupun penyakit infeksi.

“Mereka yang tidak punya komorbid, terus yang saat akan vaksinasi dilaksanakan, dia tidak punya penyakit infeksi. Kriteria ini minimal yang harus dipegang,” tuturnya.

Sumber : Antara

UGM Sedang Mengembangkan Obat Antivirus Covid-19

Previous article

Honda Brio Menjadi Pilihan Anak Muda Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health