News

Kasus Korupsi di Indonesia Kanker Stadium Empat

0
Juliari P Batubara
Menteri Sosial Juliari P. Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020) dini hari WIB. Juliari ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan Covid-19 di Kementerian Sosial./Antara - Hafidz Mubarak

STARJOGJA.COM, Info – Refly Harun pakar hukum tata negara melihat kondisi kasus korupsi di Indonesia mengibaratkan seperti kanker stadium empat.

Pasalnya, dua menteri Kabinet Indonesia Maju dibawah naungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu satu bulan ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu dalam catatan rekam jejak kasus korupsi di Indonesia, semua partai, anggotanya pernah tersandung kasus korupsi, baik Partai Gerindra, PDIP, Demokrat, Golkar, PKS, PKB, PAN, Nasdem, dan rentetan partai lainnya.

“Jadi tidak ada partai yang tidak melakukan ini, jadi luar biasa. Korupsi ini sudah menjadi kanker stadium 4,” ungkap Refly di akun YouTube yang berjudul “Jokowi Relakan Hukuman Mati Bagi Menteri dan Rekan Separtainya?!!” diunggah pada Senin (7/12/2020).

Baca Juga : Mensos Terjerat Kasus Korupsi Paket Sembako

Refly kemudian menghimbau Presiden Jokowi agar bertindak sungguh-sungguh memimpin langsung pemberantasan korupsi terutama di sektor hulu.

Selain itu juga menyediakan fasilitas yang baik termasuk perlindungan kekuatan di sektor hilir agar semua penegak hukum tegak lurus dan berani memproses siapa pun yang melakukan tindak pidana korupsi.

Maksud Refly dengan sektor hulu adalah pencegahan pada birokrasi dan sektor hilir yaitu para penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, maupun KPK.

Sementara itu, pernyataan Presiden Jokowi pada Minggu (6/12/2020) terkait penanganan korupsi dinilai sebagai pernyataan normatif oleh Refly. Presiden dinilai hanya mengulang-ulang pernyataan yang sama tanpa tidak ada tindakan baru untuk mencegah korupsi.

“Jadi sekali lagi, saya menghimbau kepada Presiden Jokowi jangan cuma lip service, jangan cuma menyesalkan, jangan cuma mengatakan tidak akan melindungi tapi bertindaklah sungguh-sungguh memimpin langsung pemberantasan korupsi,” kata Refly.

Adapun seperti diketahui, dalam satu bulan terakhir, dua menteri Jokowi, yakni Edhy Prabowo dan Juliari P. Batubara ditangkap KPK sebagai tersangka kasus korupsi. Keduanya diduga terlibat dalam kasus yang berbeda.

Sumber : Bisnis

Bayu

Tim Nasional U-19 Akan TC di Spanyol

Previous article

Penasihat Hukum Rizieq : Laskar FPI Tidak Dipersenjatai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News