Nusantara

Kemenkes Minta Provinsi Papua Simulasi Vaksinasi Covid-19

0
vaksin anak Gunungkidul

STARJOGJA.COM, Info – Iwan Trihapsoro Ketua Tim taskforce Kementerian Kesehatan untuk Provinsi Papua mengatakan Kemenkes mendorong Pemerintah Provinsi Papua melaksanakan simulasi vaksinasi Covid-19.

Kemenkes mengharapkan setiap provinsi di Indonesia memiliki minimal satu lokasi yang dipersiapkan untuk simulasi vaksinasi Covid-19. Hal ini bertujuan melatih tenaga kesehatan dalam vaksinasi Covid-19, sekaligus juga untuk mengecek kesiapan vaksinasi di setiap daerah.

“Ke depannya Kadinkes dan KKP [Kantor Kesehatan Pelabuhan] tolong disiapkan lokasi simulasi vaksinasi. Jadi rencana kami [Kemenkes] setiap provinsi menyiapkan minimal satu lokasi simulasi. Tujuannya untuk mengecek kesiapan. Nanti kami akan kirimkan video simulasi Bogor dan Bali”, ujar Iwan, mengutip keterangan pers Kemenkes, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga : Menteri Kesehatan Menyiapkan Simulasi Vaksinasi Covid-19

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan lima lokasi simulasi, yaitu Puskesmas Tanah Sareal Bogor, Puskesmas Cikarang Utara, Bekasi, Puskesmas Abiansemal Bali, RSUP RJ Leimena Ambon, dan RSUP Sulianti Saroso Jakarta.

Ke depan, seluruh rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta, puskesmas dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menjadi tempat pelayanan vaksin Covid-19.

Proses vaksinasi sendiri akan dilaksanakan setelah uji klinis selesai dan dikeluarkannya Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dalam rangka menjamin keamanan, kualitas dan efikasi vaksin.

Selanjutnya, vaksin akan didistribusikan secara berjenjang. Sebanyak 1,2 juta vaksin yang sudah datang akan diutamakan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Iwan juga menegaskan pentingnya penerapan protokol kesehatan di masyarakat, dimana salah satunya adalah disiplin memakai masker.

“Apalagi mengantisipasi pelaksaan libur natal dan tahun baru yang semakin dekat. Penerapan protokol kesehatan yang ketat di masyarakat sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.

 

Sumber : Bisnis

Bayu

Brisia Jodie Gelar Konser Kisahku di Hari Ibu

Previous article

Pecinta Seni Pertunjukan, Ikut Audisi Daring Mencari Siti

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara