Health

Terawan : Indonesia Butuh 246 Juta Dosis Vaksin Covid-19

0
pengakuan disuntik vaksin
relawa Elisa Granato diuji coba suntik vaksin virus corona(Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Vaksin Covid-19 telah datang ke Indonesia. Namun Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah mengaku butuh vaksin mencapai 246 juta dosis.

Angka tersebut didapat dari penghitungan target cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia sebanyak 67 persen atau 107 juta penduduk dari 160 juta dengan rentang usia 18-59 tahun.

Pada tahap awal, pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac pada 6 Desember 2020. Tahap selanjutnya akan didatangkan kembali sebanyak 1,8 juta dosis vaksin.

Baca Juga : Pemkab Gunungkidul Siap Membeli Vaksin Corona

Pemerintah juga menyiapkan dua skema pelaksanaan vaksinasi Covid-19, yaitu skema pemerintah dan mandiri. Untuk pengadaan vaksin skema program pemerintah dilaksanakan oleh Kemenkes dan skema mandiri dilaksanakan oleh Kementerian BUMN.

Dari target cakupan imunisasi sebanyak 107 juta penduduk, 75 juta penduduk untuk kelompok sasaran skema mandiri. Sementara itu, 32 juta penduduk untuk skema program pemerintah.

“Proses pendataan dilaksanakan secara terintegrasi melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 yang dikoordinasikan Kemenkominfo. Data yang dihimpun sudah mencakup secara detail by name by address,” kata Menkes Terawan Agus Putranto seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (11/12/2020).

Dia melanjutkan sasaran vaksinasi untuk skema pemerintah, yaitu tenaga kesehatan pada seluruh fasilitas kesehatan, pelayan publik esensial, dan kelompok masyarakat rentan.

Sementara itu, untuk skema mandiri berasal dari masyarakat pelaku ekonomi lain, yakni peserta BPJS, non-BPJS atau asuransi, dan masyarakat umum/pribadi.

Dia menggambarkan kebutuhan vaksin untuk cakupan 67 persen yang terdiri dari 2 skema antara lain, pertama skema program pemerintah dengan sasaran 32 juta orang membutuhkan 73,96 juta dosis (2 dosis per orang). Sesuai petunjuk WHO bahwa rata-rata global untuk vaksin wastage rate nya adalah 15 persen dari jumlah total sasaran vaksin.

Kedua, kata Menkes, vaksin mandiri dengan sasaran 75 juta orang membutuhkan 172 juta dosis dengan wastage rate 15 persen.

“Yang termasuk ke dalam wastage rate adalah vaksin sisa, tidak terpakai, rusak, hilang, dan juga dimanfaatkan sebagai buffer stock untuk kemungkinan kurang, kebutuhan emergency dan relokasi antar daerah,” ujar Terawan.

Sumber : Bisnis

Bayu

KPK Periksa Dua Anak Buah Sri Mulyani

Previous article

Rencana Merger, Saham Bank BRI Syariah Melesat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health