Kab Bantul

Minggu Sore, Bantul Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

0
gempa bantul

STARJOGJA.COM, Info – Gempa mengguncang wilayah Bantul, DIY pada Minggu, (13/12/2020) sekitar pukul 15.39 WIB. Gempa berkekuatan Magnitudo 5,4 ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis Stasiun Geofisika Sleman, pusat gempa terletak pada koordinat 9,81 lintang selatan dan 109,64 bujur timur. Lebih tepatnya berada di laut berjarak 226 km ke arah barat daya dari Kabupaten Bantul. Kedalaman gempa terukur 16 km.

Baca juga : Gempa Bantul, Kearifan Lokal Komunitas Kunci Bangkit

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Agus Riyanto mengatakan dalam keterangannya, gempa tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi akibat adanya subduksi lempeng Indo – Australia. Menurut pantauan, gempa bumi tersebut menghasilkan pergerakan sesar turun.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan kerusakan benda maupun bangunan yang ditimbulkan oleh gempa. Kendati demikian, getaran gempa terasa hingga wilayah Kabupaten Bantul, Kota Jogja dan Kabupaten Sleman.

“Hasil pemodelan menunjukan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Agus. Selain itu, berdasarkan pantauan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] hingga pukul 15.59 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan yang terpantau.

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu maupun informasi seputar gempa yang belum jelas kebenarannya. Jika menemukan bangunan yang rusak akibat gempa, warga juga diimbau untuk menjauh sejenak. Apabila terpaksa harus masuk ke sebuah bangunan atau rumah, warga diminta memastikan dahulu ada atau tidak kerusakan yang dapat memengaruhi stabilitas bangunan.

Sumber: Harianjogja

Bayu

Kasus Positif Covid-19 di DIY Tembus 8.000

Previous article

Harry Su Minta Tidak Menikah Terlalu Muda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul