News

Solichin Pemerhati Wayang Indonesia Akan Dapat Gelar DHC UGM

0
pemerhati wayang Indonesia
pemerhati wayang Indonesia (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Drs. Solichin tokoh pemerhati wayang Indonesia akan mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (DHC) dari Universitas Gadjah Mada pada hari Jumat (18/12) di Ruang Balai Senat UGM. Rencananya, penerimaan ijazah dilakukan secara luring yang diwakili oleh salah satu anggota keluarga Solichin.

Sementara pidato orasi Solichin pemerhati wayang Indonesia sebagai penerima doktor honoris causa akan disampaikan secara daring. Prof. Dr. Mukhtasar Syamsuddin, salah satu anggota Tim Promotor mengatakan pemberian gelar doktor HC kepada Solichin ini menurutnya menunjukkan komitmen UGM kepada tokoh pengembang kebudayaan. Solichin sendiri dikenal sebagai pemerhati dan pengembang filsafat wayang.

“Pemberian DHC ini membuktikan komitmen UGM dalam mengembangkan kebudayaan Indonesia dan nilai-nilai Kerakyatan, serta Pancasila,”kata Mukhtasar kepada wartawan, Selasa (15/12).

Baca juga : Kolaborasi Jadi Jalan Bangkitkan Usaha Wayang Kulit Ini

Menurut Mukhtasar, salah satu kontribusi Solichin dalam bidang pendidikan adalah mentransformasi dunia pewayangan dari seni pergelaran ke dunia akademik melalui pendidikan filsafat wayang. Bagi filsafat UGM, katanya, kontribusi beliau sangat signifikan dalam pengembangan Filsafat Wayang Sistematis dan kritis yang memungkinkan sebagai salah satu unsur kekayaan Filsafat Nusantara berkembang terus secara dinamis.

“Beliau juga menghasilkan banyak buku, termasuk ensiklopedia wayang bersama penulis lain,” katanya.

Sementara dari sisi budaya, tambahnya, Solichin mampu mengantarkan wayang menjadi seni budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagai a Masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity.

Seperti diketahui, Solichin yang kini menjabat Ketua Dewan Kehormatan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) akan menyampaikan pidato ilmiah yang berjudul Memajukan Filsafat Wayang Sistematis dan Dunia Pewayangan di Indonesia. Pidato itu sendiri akan menyampaikan soal Filsafat Wayang dikembangkan dari kebudayaan asli Indonesia, yaitu Pancasila dengan nilai-nilainya yang tergali dari dalam kebudayaan bangsa Indonesia sendiri.

Sumber : (Humas UGM)

Bayu

Hal yang Harus Dilakukan Para Diver

Previous article

Facebook Meluncurkan Collab, Aplikasi Pembuatan Musik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News