Info Kopi

Kopi Panas Dapat Deteksi Gejala Covid-19

0
kopi deteksi covid-19
Ilustrasi Secangkir Kopi ( FOTO : Satria Agni )

STARJOGJA.COM, Info – Ilmuwan mengembangkan uji coba kehilangan bau dan rasa atau anosmia sebagai deteksi gejala Covid-19 dengan penggunaan bahan sederhana yakni kopi panas. Yakni, tes mengendus kopi untuk membantu orang mendiagnosis infeksi sejak dini.

Karena anosmia dapat menyerang pasien Covid kapan saja, para ilmuwan berpendapat melakukan tes mengendus secara teratur dapat menjadi skrining awal. Beberapa juga menyarankan bahwa melakukan tes mengendus dan mencium bisa menjadi indikator Covid-19 yang lebih baik daripada pemeriksaan demam sederhana.

Baca Juga : Bisnis Roasting Kopi di Yogyakarta Semakin Panas

Tes ini juga bisa berguna dalam kasus penularan tanpa gejala, di mana kemampuan seseorang untuk membedakan aroma dan bau bisa hilang, tetapi tidak ada gejala khas Covid-19 lainnya yang tersisa.

Tidak seperti indera penciuman yang berkurang karena hidung tersumbat atau infeksi sinusitis, orang yang menderita Covid-19 dapat merasa tidak peduli dengan bau sederhana. Mereka merasa sulit untuk membedakan bau anggur dari bensin, rempah-rempah, susu dan bau terkait lainnya.

Lantas mengapa menggunakan kopi? Karena rasa dan baunya yang berbeda. Para peneliti telah menemukan bukti anekdot untuk menunjukkan dengan tepat bagaimana kopi, dengan aromanya yang kuat dan berbeda dapat bertindak sebagai indikator hilangnya bau.

Menurut para ahli, mengingat bagaimana anosmia adalah gejala yang muncul secara luas dalam kasus Covid-19, ketersediaan kopi secara global dapat mempermudah penerapannya.

Seorang Profesor di Universitas Tufts, James Schwob yang menjadi salah satu peneliti utama studi ini mengatakan bahwa itu juga bisa bertindak sebagai tanda awal kapan harus menghubungi dokter: “Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, secara obyektif oleh seseorang di rumah adalah dengan mengambil kopi bubuk dan melihat seberapa jauh Anda dapat memegangnya dan masih mencium baunya,” ujarnya seperti dilansir dari Times of India, Rabu (16/12/2020).

Dia juga menyarankan bahwa hal yang sama dapat dilakukan dengan wewangian seperti alkohol, coklat atau sampo. Sementara itu, salah satu alasan lain mengapa tes mengendus kopi dapat memberikan hasil yang akurat adalah karena kopi sebagai bahan tidak memiliki rasa yang nyata tetapi memiliki bau yang berbeda.

“Jika Anda menemukan bahwa kopi tidak memiliki rasa atau cokelat tampaknya tidak lagi memiliki rasa selain rasa pahit atau manis, kemungkinan Anda mengalami kehilangan bau. Saat Anda mengunyah makanan, molekul naik melalui tepi rongga hidung untuk mencapai reseptor penciuman di bagian atas hidung,” jelas Schwob.

Pada tingkat klinis, kopi juga telah digunakan sebagai mekanisme pengujian yang cepat dan berbiaya rendah, serta digunakan dalam strip uji olfaktorius tertentu. Lebih banyak bukti muncul dari kopi sebagai alat pencegahan yang kuat ketika ahli saraf Brasil, Sofia Mermelstein mencurigai kasus Covid-19 setelah dia gagal mengenali atau mengendus biji kopi Brasil.

Selain makanan pahit seperti kopi, para ilmuwan juga telah mempersempit bahwa ada bau tertentu lainnya yang sulit diendus oleh pasien yang terinfeksi Covid, yaitu bau minyak kelapa dan aroma peppermint.

Schwob menambahkan kehilangan bau dan rasa karena Covid-19 bisa menjadi salah satu tanda yang paling umum, namun bisa bertahan untuk sementara waktu, tergantung pada gejala pasien dan perkembangan penyakit. Untuk beberapa, bisa hilang dalam seminggu, tapi bagi banyak orang, bisa bertahan lebih lama, dan membuat mereka kehilangan kemampuan untuk membedakan atau mengenali bau yang berbeda.

Banyak juga yang memerlukan semacam pelatihan penciuman, yang membantu pemasangan kembali zat kimia saraf otak, jika masalah tersebut berlanjut selama lebih dari dua bulan.

Sumber : Bisnis

Bayu

Kak Seto Mendatangi Rumah Rizieq Shihab

Previous article

Kemnaker, Subsidi Gaji Covid-19 Berlanjut Tahun Depan?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi