GeNose skrining
Genose UGM
Kota JogjaNews

Pemda DIY Akan Gunakan GeNose Untuk Skrining Covid-19

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berencana menggunakan alat pendeteksi COVID-19 berbasis embusan napas atau GeNose buatan tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk skrining secara cepat.

“Gugus Tugas sedang merancang untuk bisa memiliki GeNose itu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (28/12).

Aji mengatakan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY akan berkomunikasi dengan gugus tugas di lima kabupaten/kota di DIY mengenai rencana penggunaan alat itu.

Baca juga: GeNose UGM Telah Mendapatkan Izin Edar

“Supaya tidak ada dobel-dobel (pemesanannya). Jadi saya kira itu alat yang cukup bagus,” kata dia.

Aji mengatakan alat itu akan digunakan sebagaimana fungsinya yakni untuk melakukan tracing dan testing lebih cepat pada kasus baru.

“Alat itu penggunaannya kan lebih pada skrining, tapi kalau sudah masuk rumah sakit tentu penggunaannya tetap swab PCR,” kata dia.

Dengan keberadaan alat yang dikembangkan UGM, menurut Aji, DIY akan memiliki alat diagnostik COVID-19 lebih lengkap.

“Saling melengkapi. Kita sekarang punya tiga alat, GeNose, rapid test antigen, dan PCR,” kata dia.

Alat pendeteksi COVID-19 GeNose buatan tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI dengan nomor Kemenkes RI AKD 20401022883 yang terbit pada Kamis (24/12/2020).

Ketua tim pengembang GeNose Prof Kuwat Triyana mengatakan hasil tes GeNose sangat cepat, yakni sekitar 2 menit serta tidak memerlukan reagen atau bahan kimia lainnya. Selain itu, pengambilan sampel tes berupa embusan napas juga dirasakan lebih nyaman dibandingkan usap atau swab.

Sumber: JIBI/Harianjogja.com

Bayu

10 Tips Menjadi Wanita dengan Standar Tinggi

Previous article

Tesla Datang ke India Awal Tahun 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja