Nusantara

Nelayan Indonesia Jaring Drone Bawah Air Buatan China

0
drone bawah air China
drone bawah air China

STARJOGJA.COM, Info – Nelayan Indonesia, Saeruddin “berhasil menjaring” sebuah benda yang tampaknya seperti drone bawah air buatan China. Setidaknya dua kendaraan bawah laut tak berawak jenis glider laut yang sangat mirip telah ditemukan di perairan Indonesia dalam 2 tahun terakhir.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah Pemerintah China secara diam-diam melakukan survei bawah air pada rute antara Laut China Selatan dan Samudra Hindia, informasi yang dapat sangat berguna bagi kapal selamnya yang transit melalui area ini saat terendam.

Saeruddin berhasil menangkap pesawat tak berawak itu pada 20 Desember 2020, di dekat Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Dia kemudian menyerahkannya kepada polisi setempat, yang kemudian menyerahkannya kepada militer Indonesia.

drone-1

Kendaraan bawah laut tak berawak tipe glider ditemukan di lepas pantai Kepulauan Selayar Indonesia pada Desember 2020./Twitter 

Seperti dilaporkan DetikNews, drone yang memiliki semacam rangkaian sensor di hidungnya, panjangnya hanya di bawah 7,4 kaki (2,25 meter), tidak termasuk antena panjang atau sensor yang memanjang dari bagian belakang. Gambar kendaraan bawah laut tak berawak (unmanned undersea vehicle/UUV) menunjukkan bahwa ia memiliki tubuh berbentuk torpedo dengan sepasang sayap dipasang ke tengah dan ekor vertikal.

Pengguna Twitter @Jatosint adalah orang pertama yang mencatat kemiripan kuat dengan Sea Wing UUV, desain yang dikembangkan dan diproduksi oleh Institut Otomasi Shenyang Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) milik negara dan telah digunakan setidaknya sejak 2014.

Sebuah drone bawah air tipe glider laut, Sea Wing bergerak maju di dalam air, dibantu oleh sayap dan ekornya, dengan berulang kali menyelam dan kemudian muncul kembali.

Ia melakukan manuver ini menggunakan sistem internal, pada dasarnya balon yang mengembang dan berkontraksi saat minyak bertekanan bergerak masuk dan keluar, yang mengubah daya apungnya.

China telah membuat klaim yang dipertanyakan pada masa lalu bahwa drone Sea Wing dapat tetap berada di laut selama lebih dari 30 hari dan menyelam hampir 4 mil di bawah permukaan.

CAS secara publik menggunakan Sea Wings untuk penelitian oseanografi dengan sensor yang mampu mengukur hal-hal seperti kekuatan dan arah arus dan suhu air, tingkat oksigen, dan salinitas. Ini adalah tugas umum untuk jenis UUV ini, yang digunakan di seluruh dunia, termasuk oleh pasukan militer.

DRONE2

Kendaraan bawah laut tak berawak Sea Wing disusun di depan kapal penelitian Akademi Ilmu Pengetahuan China./Chinese Academy of Science

Pada Desember 2019, seperti dikutip dari www.thedrive.com, (https://www.thedrive.com/the-war-zone/38475/indonesian-fisherman-caught-what-appears-to-be-a-chinese-underwater-drone), Rabu (30/12/2020) kapal survei China Xiangyanghong 06 meluncurkan 12 UUV ini ke Samudra Hindia Timur. CAS mengatakan kelompok drone akhirnya melakukan perjalanan lebih dari 12.000 kilometer atau 7.500 mil secara kolektif.

Otoritas China tidak melaporkan satu pun drone yang hilang, tetapi perlu dicatat bahwa laporan awal mengatakan bahwa 14 drone, bukan 12, telah dikerahkan. Pada saat yang sama, tidak jelas apakah arus yang ada akan mampu membawa Sea Wing yang cacat sampai ke perairan Kepulauan Selayar.

Ini juga bukan pertama kalinya drone Sea Wing ditemukan di perairan Indonesia. Pada Januari, satu drone ditemukan di dekat Kepulauan Masalembu, sekitar 400 mil di sebelah barat Kepulauan Selayar. Pada Maret 2019, satu lagi ditemukan di perairan sekitar Kepulauan Riau lebih jauh ke barat laut. Ketiga kelompok pulau ini terletak di perairan yang merupakan bagian penting dari beberapa rute maritim yang membentang antara Samudra Hindia dan Laut Cina Selatan.

DRONE-3

Peta yang menunjukkan lokasi, kanan ke kiri, Kepulauan Riau, Kepulauan Masalembu, dan Kepulauan Selayar, lokasi di mana drone bawah air China ditemukan dalam 2 tahun terakhir./Google Maps

Meskipun tidak diketahui konfigurasi pasti UUV yang telah ditemukan di perairan sekitar Indonesia, drone bawah air tipe glider juga sering digunakan untuk melakukan survei hidrografi dan membantu pembuatan peta bawah air.

Jenis informasi ini berguna untuk membuat grafik maritim yang akurat untuk mendukung operasi angkatan laut, serta kegiatan pelayaran komersial dan pelayaran sipil.

Memiliki peta terperinci tentang kontur dasar laut sangat berharga bagi awak kapal selam yang berlayar di bawah gelombang.

Karena Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) China bekerja untuk memproyeksikan kekuatan lebih jauh dan lebih jauh di luar garis pantai negaranya, memiliki peta dan bagan maritim terbaru untuk berbagai saluran air kritis akan menjadi semakin penting baik untuk kegiatan sehari-hari dan operasi tempur masa depan yang sebenarnya. Laut China Selatan sudah menjadi perairan yang diperebutkan dengan panas, dengan hampir semua negara di kawasan itu mempermasalahkan klaim teritorial Beijing yang luas.

Pada 2017, ada juga laporan bahwa Pemerintah China sedang menguji bagaimana UUV tipe glider, kemungkinan versi Sea Wing, dapat bertindak sebagai simpul komunikasi dan relai data untuk membantu dengan cepat mengirimkan informasi yang mungkin berguna untuk mendeteksi dan melacak pergerakan kapal selam asing di Laut Cina Selatan.

Pada tahun yang sama muncul berita tentang rencana China untuk membangun jaringan sensor bawah air di wilayah itu, seolah-olah untuk penelitian lingkungan, yang juga dapat memiliki potensi aplikasi perang antikapal selam.

Meskipun www.thedrive.com tidak dapat mengatakan dengan pasti apa saja dari UUV ini yang terjadi di perairan Indonesia, kecurigaan tentang potensi aktivitas ganda sipil dan militer juga tidak mengejutkan.

Faktanya, sebuah kapal penyelamat dan penyelamat Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China Dalang III menyambar sebuah pesawat layang Angkatan Laut AS yang telah melakukan survei oseanografi langsung dari perairan Laut Cina Selatan pada 2016, tentunya sebagian untuk mencoba dan melihat jika kegiatan itu benar-benar untuk mengumpulkan informasi intelijen yang lebih substansial.

Kemampuan memeriksa glider dan muatannya dapat memberi beberapa tingkat informasi yang berguna untuk intelijen China sendiri. Militer Indonesia kemungkinan besar telah mengambil alih drone yang ditemukan oleh para nelayan di negara tersebut, mencari informasi yang berguna tentang kemampuan dan aktivitas mereka.

Ketika aktivitas angkatan laut China melalui Pasifik Barat dan keluar ke Samudra Hindia terus berkembang, tampaknya penemuan semacam ini akan menjadi semakin umum.

Pada 2018, seorang nelayan Vietnam menemukan apa yang tampak seperti torpedo China, mungkin sisa dari semacam bor, sebuah temuan yang juga menggarisbawahi meningkatnya kehadiran Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayah Laut China Selatan. Pada 2015, pihak berwenang China sendiri mengumumkan bahwa seorang nelayan telah menemukan apa yang mereka katakan sebagai “robot” intelijen bawah air berbentuk torpedo di lepas pantai Pulau Hainan di Laut China Selatan, yang merupakan rumah bagi pangkalan utama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China.

Sumber : Bisnis

Mau Pinjam Uang Online Cek Daftar Pinjol Resmi Ini

Previous article

Toyota Investasi untuk Produksi Mobil Listrik 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara