News

Jepang Panggil Semua Siswa Keperawatan Bantu RS

0
PM Jepang memohon maaf
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (tengah) saat berjalan menuju kendaraan setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/10/2020). Lawatan kenegaraan tersebut dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral antarkedua negara. - Antara

STARJOGJA.COM, Info – Sebagai negara maju, rakyat Jepang sedang kesusahan menghadapi penyebaran Covid-19. Kementerian Kesehatan Jepang sampai meminta institusi pendidikan perawatan di seluruh Jepang mengirimkan siswa dan stafnya berlisensi perawatan membantu ke rumah-rumah sakit.

Melansir NHK pada Selasa (5/1/2021), permintaan tersebut muncul seiring institusi medis di penjuru Jepang kesulitan akibat kekurangan perawat karena melonjaknya penularan virus korona.

Kekurangan perawat juga memengaruhi kapasitas guna menyediakan layanan medis reguler.

Baca Juga : UGM Juara Umum Kompetisi Mahasiswa Keperawatan Nasional 2018

Kementerian Kesehatan meminta sekitar 280 akademi dan universitas yang memiliki program keperawatan untuk mengirim siswa pascasarjana dan staf pengajar yang adalah perawat bersertifikat. Mereka akan bekerja di rumah sakit dan fasilitas yang menerima pasien Covid-19.

Para siswa dan staf itu diminta untuk mendaftarkan diri pada pusat-pusat perawat yang ditetapkan oleh masing-masing provinsi. Pusat-pusat itu akan mengerahkan mereka ke institusi medis berdasarkan ketersediaan dan pilihannya.

Di sisi lain, Pemerintah Jepang berencana mengumumkan status keadaan darurat bagi Tokyo dan tiga provinsi yang bertetangga sesegera Kamis (07/01/2021) guna membendung penyebaran virus korona.

Perdana Menteri Suga Yoshihide mengatakan dalam konferensi pers, Senin (04/01/2021) bahwa pemerintah tengah mempertimbangkan menetapkan status keadaan darurat bagi ibu kota serta juga provinsi-provinsi Saitama, Chiba, dan Kanagawa.

Penetapan status tersebut tampaknya akan berlaku selama sekitar satu bulan.

Pemerintah akan mencoba untuk tidak menghambat aktivitas sosial dan ekonomi dengan menerapkan langkah-langkah dalam cara yang terbatas dan terfokus. Pihaknya berencana meminta restoran dan bar untuk mengurangi jam operasinya serta memperluas sokongan finansial bagi pihak-pihak yang memenuhi permintaan tersebut.

Sumber : Bisnis

Subsidi Listrik Tetap Lanjut di Tahun 2021

Previous article

Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac Tiba di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News