Techno

Kemenkominfo Harus Dorong Masyarakat Beralih ke Aplikasi Pesan Lokal

0
privasi whatsapp
logo whatsapp

STARJOGJA.COM, Info – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk beralih ke aplikasi pesan instan buatan dalam negeri atau lokal, agar pengawasan data dapat terpantau lebih baik.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan keamanan data dan privasi pengguna merupakan hal paling penting dalam sebuah aplikasi pesan. Kemenkominfo dapat menghadirkan kedua hal tersebut dan membantu pengembang aplikasi pesan lokal untuk tumbuh, dengan mendorong masyarakat untuk beralih ke aplikasi pesan buatan dalam negeri.

“Meski kita sedikit terlambat. Harusnya lima tahunan lalu kita punya keberpihakan kembangkan pesan instan tapi Menkominfo saat itu kurang berpihak pada pemain lokal,” kata Heru kepada Bisnis.com, Senin (11/1/2021).

Baca Juga : 5 Aplikasi Ini Bantu Penanganan COVID-19

Heru untuk mendorong masyarakat beralih ke aplikasi lokal dan mengamankan data yang dimiliki, Kemenkominfo dapat menghadirkan layanan pesan instan, jejaring sosial atau media sosial dalam negeri, sehingga masyarakat dapat bertranformasi menggunakan aplikasi lokal

Untuk diketahui, keterlibatan pemerintah untuk mendorong masyarakatnya beralih ke aplikasi non-WhatsApp, telah dilakukan oleh pemerintah Turki.

Dilansir Bloomberg, Minggu (10/1/2021), Kantor media Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Kementerian Pertahanan negara itu menyatakan akan meninggalkan WhatsApp sebagai bagian dari gerakan global keluar dari aplikasi populer tersebut, karena persyaratan baru yang mengusik privasi.

Pihak kepresidenan akan memindahkan grup WhatsApp-nya ke aplikasi pesan terenkripsi Bip, sebuah unit dari Turkcell Iletisim Hizmetleri AS pada 11 Januari 2021.

Perubahan pada persyaratan dan layanan WhatsApp yang berlaku mulai 8 Februari 2021 akan memungkinkan aplikasi itu untuk berbagi data dengan perusahaan induk, Facebook Inc. Dorongan untuk memonetisasi WhatsApp makin kuat saat pertumbuhan pendapatan Facebook mendekati rekor terendah.

Sumber : Bisnis

Kulonprogo Bolehkan Warung Buka di Atas Pukul 19.00 WIB

Previous article

Zhong Shansan, dari Air Minum Kemasan Jadi Terkaya di Asia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno