Culinary

Selama Pandemi Makanan Camilan di Indonesia Meningkat

0
makanan camilan
Tampilan Oreo Suprame di chanel Youtube RachGoddard - Solopos

STARJOGJA.COM, Info – Camilan menjadi kebutuhan tambahan selama pandemi Covid-19 ini. Terbukti dari Survei The State of Snacking 2020 yang dilakukan Mondelez International. Masyarakat Indonesia rata-rata mengkonsumsi 3x makanan ringan atau camilan per hari, yang melebihi jumlah rata-rata global.

“Lebih tinggi dari rata-rata global, ternyata 60 persen orang Indonesia lebih banyak ngemil selama pandemi dibandingkan sebelumnya,” beber Presiden Direktur Mondelez Indonesia Prashant Peres, Selasa (12/1/2020/1).

Tak hanya itu, 64 persen masyarakat Indonesia menganggap ngemil menjadi hal yang sangat penting selama pandemi.

Peneliti dan Pengamat Sosial Devie Rahmawati menjelaskan kebiasaan ngemil sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu. Maka dari itu, tidaklah heran jika camilan banyak dipilih

masyarakat di berbagai kesempatan, termasuk dalam hal mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan.

Baca Juga : Orang Indonesia Konsumsi 3 Camilan Per Hari

Menurutnya, kebutuhan masyarakat Indonesia akan camilan tidak hanya menjadi pemenuh kebutuhan biologis, tetapi juga menjadi kekuatan sosiologis membangun konektivitas sosial, serta membantu mengendalikan suasana hati di kehidupan sehari-hari.

“Bahkan meredakan tingkat stress yang timbul akibat suasana yang tidak menentu, seperti pandemi,” jelas Devie.

Survei tersebut juga menyampaikan bahwa jadwal ngemil menjadi lebih spontan dan bervariatif. Sebanyak 60 persen menyatakan bahwa jadwal ngemil mereka menjadi lebih tidak terencana dan berbeda setiap harinya.

Sebanyak 84 persen responden pun menyatakan bahwa camilan merupakan salah satu sumber kebahagiaan. Tak hanya itu, 81 persen merasa camilan bisa memberikan semangat untuk menjalani hari.

Mengenai manfaatnya bagi keluarga, 94 persen orang tua mengandalkan camilan untuk menghibur anak-anaknya selama pandemi. Bahkan, 77 persen orang tua telah menjadikan kebiasaan ngemil sebagai tradisi baru bagi keluarga.

Dalam survei kali ini, Mondelez International juga mengungkap bahwa jumlah transaksi camilan secara online meningkat 33 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Sebanyak 75 persen responden merasa lebih aman dan nyaman dengan membeli camilan secara online. Sedangkan dalam hal menemukan jenis camilan baru, media sosial menempati pilihan teratas dengan dipilih oleh 54 persen responden.

Sumber : Bisnis

Ini Kelompok yang Ikut Vaksinasi Perdana Bersama Jokowi

Previous article

JCW Minta Calon Kapolri Harus Terbebas dari Praktik KKN

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary