Techno

YouTube Hapus Konten Baru di Channel Donald Trump

0
YouTube Donald Trump

STARJOGJA.COM, Info – Situasi yang gawat di Amerika Serikat membuat YouTube menghapus konten baru di channel milik Presiden AS Donald Trump. Youtube khawatir terhadap potensi kekerasan setelah kerusuhan di Capitol AS pekan lalu.

Dilansir dari Bloomberg, YouTube memberikan teguran pertama terhadap channel milik Trump serta melarangnya mengupload konten baru selama tujuh hari. Namun, YouTube tidak memberikan rincian mengenai video yang memicu pelanggaran tersebut.

Situs streaming populer yang dimiliki oleh induk Google, Alphabet Inc., tersebut juga mengatakan akan menonaktifkan komentar di channel tanpa batas waktu karena pertimbangan keamanan.

Baca Juga : Viral Video Youtube Rewind Indonesia 2020

Platform media sosial lainnya, termasuk Twitter Inc. dan Facebook Inc., telah mengambil langkah-langkah untuk menangguhkan presiden AS. Twitter memblokir akun Trump secara permanen, sedangkan Facebook dan Instragram memblokir akunnya hingga pelantikan Joe Biden.

“Setelah ditinjau, dan karena khawatir tentang potensi kekerasan yang sedang berlangsung, kami menghapus konten baru yang diupload ke channel Donald J. Trump karena melanggar kebijakan kami. Sekarang menerima teguran pertama dan untuk sementara tidak dapat mengupload konten baru selama *minimal* 7 hari,” ungkap YouTube di akun Twitter @YouTubeInsider, Rabu (13/1/2021).

Sejumlah platform online telah berjuang untuk mencapai keseimbangan antara reaksi yang tumbuh terhadap situs mereka setelah aksi kekerasan minggu lalu, yang banyak dianggap telah dihasut dan diorganisir melalui posting media sosial, dan menentang kritik dari pendukung kebebasan berbicara karena melakukan sensor.

Twitter baru-baru ini memblokir lebih dari 70.000 akun yang dianggap didedikasikan untuk mendistribusikan teori konspirasi QAnon, sementara Facebook mengatakan memblokir frasa “hentikan pencurian” yang digunakan oleh mereka yang berpendapat bahwa pemilihan presiden November 2020 tidak sah.

YouTube lebih ragu-ragu untuk menangguhkan akun Trump daripada layanan media sosial lainnya. Hal ini karena YouTube memiliki kebijakan tiga kali teguran untuk mengatur konten. Teguran pertama membatasi upload baru setidaknya selama seminggu, sedangkan teguran kedua dalam waktu 90 hari sejak teguran pertama akan menyebabkan penangguhan selama dua minggu. Channel Trump baru akan dihapus jika mendapat teguran ketiga.

Menyusul pengumuman YouTube, Gab, situs jejaring sosial yang populer dengan kelompok sayap kanan, mengatakan tengah melakukan backup terhadap video Trump dan akan mempostingnya di platformnya sendiri.

Sumber : Bisnis

Arif Mujiono

Tidak Ingin Menjadi Introvert, Lakukan Lima Cara Ini

Previous article

Cerita Ridwan Kamil Disuntik Vaksin Dua Kali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno