News

Menhub Setuju GeNose Digunakan di Tranportasi Umum

0
aturan GeNose
GeNose (Kemenristek)

STARJOGJA.COM, Info – UGM telah membuat alat deteksi Covid-19 yang terjangkau bagi masyarakat. Keberadaan GeNose buatan UGM ini membuat pemerintah mendorong penggunaan alat deteksi Covid-19 bernama GeNose di simpul-simpul transportasi umum seperti di stasiun kereta api, bandara, pelabuhan dan terminal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan hal itu sesuai arahan Menkomarvest untuk mendorong penggunaan alat GeNose pada transportasi umum. Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Universitas Gadjah Mada, serta Satgas Penanganan Covid-19.

Baca Juga : Polda DIY Mulai Gunakan GeNose C19

“Kami sudah berkomunikasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan akan segera ditindaklanjuti dengan surat persetujuan untuk penggunaan di simpul-simpul transportasi umum. Selanjutnya kemenhub akan membuat surat edaran kepada para operator transportasi,” ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Menhub menuturkan penggunaannya sudah dimulai pada 5 Februari 2021 pada stasiun KA terlebih dahulu, baru kemudian bertahap selanjutnya di bandara.

Sementara itu Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan alat GeNose ini telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kelebihan dari alat ini diantaranya bisa mendeteksi lebih cepat dan harga yang relatif lebih murah dengan akurasi di atas 90 persen.

Luhut menyarankan agar plastik yang digunakan pada alat ini dapat menggunakan bahan yang dapat didaur ulang agar lebih ramah lingkungan. Ke depannya akan diterapkan di semua area publik seperti di hotel, mal, di lingkungan masyarakat RT/RW.

Fia menjabarkan alat ini hanya seharga Rp62 juta dan harga per orangnya hanya dikenakan sekitar Rp20.000. Jika pemakaian lebih banyak tentu biayanya akan semakin turun dan nantinya alat ini akan terus dikembangkan sehingga mempunyai akurasi yang akan lebih tajam.

 

Sumber : Bisnis

Bintang Tamu Indonesia Comic Con 2021 Mulai 30-31 Januari

Previous article

Conor McGregor Habis di Tangan Dustin Poirier

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News