News

Setelah Nihil Kasus, Muncul Covid-19 di Selandia Baru

0
Selandia Baru lockdown
PM Selandia baru Jacinda Ardern resmi bertunangan (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Selandia Baru, menjadi negara maju paling sukses dalam mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19. Catatan kasus Covid-19 terakhir ditemukan pada bulan November 2020 lalu sesuai situs web Kementerian Kesehatan negara itu. Kini kasus infeksi virus Corona atau Covid-19 ditemukan kembali.

Dilansir Antara, Senin (25/1/2021), otoritas Selandia Baru mengonfirmasikan kasus baru pertama Covid-19 di masyarakat setelah beberapa bulan tidak melaporkan kasus tambahan infeksi virus Corona.

Kasus baru Covid-19 di Selandia Baru itu datang dari seorang wanita berusia 56 tahun. Namun, sejumlah orang yang kontak dekat dengan wanita pelancong yang baru kembali tersebut sejauh ini dinyatakan negatif.

Baca Juga : PM Selandia Baru Lockdown Kota Auckland Lebih Lama

Wanita itu, yang kembali ke Selandia Baru pada 30 Desember 2020, telah dites positif mengidap infeksi virus Corona jenis Afrika Selatan setelah menjalankan karantina wajib selama dua pekan dan dua kali dinyatakan negatif. Hal itu diungkapkan menteri penanganan Covid-19 Chris Hipkins.

Sejauh ini tidak ada kasus infeksi lokal lainnya yang dilaporkan sejak kasus Covid-19 wanita itu diungkapkan pada Minggu (24/1/2021). Pihak berwenang mengatakan kemungkinan sumber infeksi adalah sesama pelancong yang baru kembali ke Selandia Baru dan berada di fasilitas karantina.

Pihak berwenang sedang memeriksa apakah virus itu menyebar melalui sistem ventilasi dan pendingin udara di fasilitas karantina ini, kata Hipkins.

Kepala eksekutif kementerian kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield mengatakan 15 orang diidentifikasi telah melakukan kontak dekat dengan wanita itu dan sedang dihubungi.

Namun, kontak terdekatnya yakni suami dan penata rambutnya menunjukkan hasil negatif yang menggembirakan.

Wanita itu, yang tinggal di Northland di Pulau Utara Selandia Baru, dikarantina setibanya di fasilitas isolasi terkelola di Auckland. Beberapa kasus Covid-19 yang sangat ganas telah dicatat di fasilitas-fasilitas karantina dalam beberapa pekan terakhir.

Bloomfield mengatakan virus Corona baru varian Afrika Selatan mungkin lebih dapat ditularkan tetapi belum ada cukup penelitian yang tersedia.

Salah satu kunci sukses Selandia baru kendalikan Covid-19 dengan langkah penguncian yang ketat dan isolasi geografis membantu negara berpenduduk 5 juta itu secara menyeluruh menghilangkan kasus baru Covid-19 di dalam wilayahnya.

Selandia Baru hanya memiliki 1.927 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi. Namun, dengan pandemi yang berkecamuk secara global, lebih banyak orang yang kembali ke dalam negeri dalam keadaan terinfeksi virus Corona, termasuk varian baru.

Sumber : Bisnis

Bayu

Drone PUNA MALE Elang Hitam Dikembangkan ke Tingkat Kombatan

Previous article

Luhut Resmi Memimpin PB PASI sampai 2025

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News