FeatureNews

Stasiun Yogyakarta Akan Gunakan GeNose Test 5 Februari

0
aturan GeNose
GeNose (Kemenristek)

STARJOGJA.COM, Info – Screening Covid-19 di stasiun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyediakan layanan GeNose Test untuk penumpang KA Jarak Jauh mulai 5 Februari 2021. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto menjelaskan, GeNose C19 merupakan alat screening Covid-19 inovasi dari Universitas Gadjah Mada.

Supriyanto mengatakan tahap awal GeNose Test akan ada dua Stasiun KA yakni Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta yang memiliki keunggulan yaitu murah, cepat, dan akurat.

“Genose C19 diharapkan calon penumpang akan lebih dimudahkan karena selain harga terjangkau, juga memiliki akurasi sebesar 93 – 95 persen,” katanya meneruskan rilis dari PT KAI Senin (1/2/2021).

Baca juga : Menhub Setuju GeNose Digunakan di Tranportasi Umum

Supriyanto mengatakan keunggulan produk GeNose C19 adalah cepat diketahui hasilnya dibandingkan dengan rapid test antigen dan swab test/PCR hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 3 menit. GeNose C19 sebuah alat yang mencontoh cara kerja hidung manusia dengan memanfaatkan sistem penginderaan (larik sensor gas) dan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi.

GeNose C19 melakukan screening melalui embusan nafas pasien Covid-19 dan merupakan perangkat GeNose yang dikombinasikan dengan software Artificial intelligence yang terlatih untuk membedakan sampel nafas yang diduga positif Covid-19 atau negatif Covid-19.

“Alat GeNose C19 sendiri sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan RI nomor AKD 20401022883 serta ditetapkan sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021,” ucapnya.

Indonesia Desak Militer Myanmar Soal Penangkapan Aung San Suu Kyi

Previous article

Ini Syarat Tes GeNose C19 di Stasiun Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature