News

Usulan Menteri Agar Candi Borobudur Direkonstruksi

0
Candi Borobudur
Wisatawan mancanegara mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/6). Pemerintah akan menambah 30 negara baru dalam daftar negara bebas visa pada 2016 guna mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ss/kye/15.

STARJOGJA.COM, Info – Candi Borobudur menjadi destinasi wisata super prioritas yang tidak hanya dilihat dari aspek fisik. Namun begitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy usul agar Candi Borobudur direkonstruksi ulang.

Muhadjir mengatakan di balik Borobudur terdapat sudut-sudut budaya, situs keagamaan yang harus digali serta direkonstruksi ulang.

Dia meyakini Candi Borobudur yang masa lampau dibangun atas tatanan nilai tertentu. Tidak sekadar mengambil nilai keindahan, tetapi lebih didasari oleh nilai spiritual dan budaya khususnya bagi umat Budha.

Baca juga : Zona 1 Candi Borobudur Segera Dibuka Wisata

“Kalau nanti Borobudur mau direkonstruksi ulang pun tidak boleh hanya diambil indahnya saja, apalagi membayangkan sampai ujungnya itu bisa ramai. Saya kira ngga bener itu. Justru malah harus mengembalikan pada awalnya dulu,” kata Muhadjir melalui keterangan resmi dikutip Kamis (18/2/2021).

Dia berharap rekonstruksi Candi Borobudur terutama situs-situs keagamaan yang ada di sekitarnya dapat mengembalikan ruh spiritual bagi umat Budha. Bukan hanya umat Budha di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

Ke depan, Candi Borobudur harus membuka ruang seluas-luasnya untuk kegiatan keagamaan umat Budha, seperti perayaan Hari Raya Waisak. Bahkan diupayakan bisa mengundang seluruh umat Budha di penjuru dunia.

Menurut Muhadjir, Borobudur termasuk salah satu situs yang dihormati oleh umat Budha seluruh dunia meski bukan tempat suci yang tertera dalam kitab Tripitaka.

“Tentu saja nanti kalau ada upacara keagamaan Budha harus kita berikan ruang seluas-luasnya dan juga peluang untuk bisa mengundang seluruh umat Budha sedunia datang ke sini,” ujarnya.

Bhikku Sri Pannavaro Mahathera menerangkan kendati Candi Borobudur tidak bisa disejajarkan dengan tempat suci yang ada di Kitab Tripitaka, namun disucikan oleh umat Budha dunia karena keunikannya.

“Borobudur bukan terbesar secara fisik dari bangunan-bangunan stupa atau bangunan-bangunan Budha di dunia, tapi terbesar keunikannya yang tidak ada duanya di dunia ini baik di Asean maupun dunia,” tuturnya.

Dia pun menegaskan bahwa Candi Borobudur memiliki potensi untuk dapat menjadi tempat ziarah bagi umat Budha sedunia yang jumlahnya cukup besar di dunia.

 

sumber : Bisnis

Bayu

Menteri Kesehatan Sebut Empat Skema Vaksinasi

Previous article

Pemerintah Siapkan Bantuan Subsidi Perumahan Cek Caranya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News