Kota JogjaNews

Kraton Buka Pendaftaran 4 Golongan Abdi Dalem

0
garebeg Syawal gunungan
gunungan Kraton Yogyakarta

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kraton Buka Pendaftaran 4 Golongan Abdi Dalem. Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Divisi Kesenian dan Pertunjukan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka pendaftaran untuk abdi dalem. Masyarakat bisa mengisi empat golongan abdi dalem di KHP Kridhomardowo yaitu Wiyaga, Pasindhen, Lebdaswara, dan Musikan.

Menurut ketua panitia penerimaan abdi dalem KHP Kridhomardowo MB. Brongtomadyo, pembukaan pendaftaran secara terbuka ini merupakan yang pertama kalinya. Hal ini terlaksana atas perintah KPH Notonegoro selaku penghageng.

“Selama ini kan banyak masyarakat yang ingin menjadi abdi dalem tapi tidak tahu, bagaimana caranya? Kebetulan kawedanan ini sendiri sedang membutuhkan abdi dalem untuk empat golongan tersebut,” kata MB. Brongtomadyo dalam rilis tertanggal 18 Februari 2021.

Secara garis besar, golongan Wiyaga merupakan penabuh gamelan, Pasindhen sebagai penembang untuk perempuan, Lebdaswara menjadi penembang untuk laki-laki, dan Musikan yaitu korps musik yang bertugas memainkan alat musik barat di Kraton Jogja.

Setiap golongan memiliki persyaratan khusus seperti bisa memainkan gamelan Gaya Jogja untuk Wiyaga. Sementara untuk Lebdaswara dan Pasindhen bisa melagukan gerongan atau sindhenan (syair) dari materi pilihan yaitu Ladrang Raja Manggala atau Ladrang Prabu Mataram. Berbeda pula dengan Musikan yang mensyaratkan bisa membaca not balok dan memainkan alat musik tiup atau alat musik perkusi.

“Banyak juga yang mungkin mempertanyakan kenapa hanya empat golongan ini saja yang dibuka? Ya karena sejauh ini dari Kridhomardowo memang baru membutuhkan abdi dalem dari empat golongan ini saja,” kata MB. Brongtomadyo.

Selain keahlian di atas, adapula syarat-syarat umum seperti tulus mengabdi di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, berusia 17-45 tahun, Warga Negara Indonesia, berdomisili atau tinggal di DIY dan seputar Jawa Tengah (Jateng), serta bersedia mengikuti tahap seleksi yang diadakan.

Persyaratan terkait domisili di DIY dan Jateng bertujuan memudahkan mobilitas calon pendaftar. Apabila peserta diterima menjadi Abdi Dalem, ada kewajiban untuk marak dan sowan di Kraton Jogja.

Setelah melengkapi persyaratan, peserta akan mengikuti dua tahap seleksi. Pada tahap pertama, peserta akan mengirimkan video berisi keahlian masing-masing golongan. Peserta bisa mengirim video ke e-mail kridhomardowo@kratonjogja.id hingga 1 Maret 2021 pukul 23.59 WIB. Sementara untuk tahap kedua berupa penilaian langsung dari tim KHP Kridhomardowo di Kraton Jogja.

Setelah lolos pada tahap kedua, peserta tidak langsung resmi menjadi abdi dalem. Ada waktu maksimal dua tahun untuk magang. Untuk informasi lebih lanjut atau pertanyaan bisa menghubungi Nyi MJ Retnolumaksomardowo (Retno) di nomor 0822-2764-9449 (hanya menerima SMS & WhatsApp).

“Perlu diingat bagi teman-teman dan masyarakat yang ingin mendaftar, bahwa ini bukan lowongan pekerjaan, karena menjadi Abdi Dalem adalah komitmen pengabdian seumur hidup,” kata MB. Brongtomadyo.

Ia mengatakan menjadi abdi dalem adalah sebuah bagian dari upaya untuk menjaga kebudayaan, khususnya adalah karawitan.

“Jadi intinya pengabdian ya, dengan cara nguri-uri kabudayan hadiluhung, khususnya karawitan di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, itu yang perlu ditanamkan. Takutnya kalau dikira ini sebagai pekerjaan dengan imbalan tertentu, nanti akan kecewa.”

Pemkot Upayakan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Previous article

UGM Terus Kembangkan GeNose

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja