Kota JogjaNews

Catur Pilar Kolaborasi Penanganan Masalah kesejahteraan Sosial di DIY

0
catur pilar
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Catur Pilar Kolaborasi Penanganan Masalah kesejahteraan Sosial di DIY. Penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di DIY tidak bisa dilakukan secara parsial. Butuh gerak bersama antar semua elemen guna menangani sejumlah permasalahan.

Dalam implementasinya untuk memberikan pelayanan dan pemberdayaan terhadap penyandang masalah kesejahteraan Sosial (PMKS), Dinas Sosial DIY mempunyai konsep CATUR PILAR.

Suyarno, S. Sos., M.A., Sekertaris Dinas Sosial DIY menyebutkan Konsep ini terdiri dari Pemerintah, Masyarakat, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha. Bila keempatnya bersama-sama menangani permasalahan maka akan semakin cepat dalam pengentasan kerawanan sosial.

Ia mengatakan Di tahun 2021, ada 5 sasaran utama program kerja Dinsos DIY yakni kemiskinan, anak bermasalah sosial, disabilitas, lansia terlantar serta kebencanaan.

” Persentase penduduk miskin di DIY lebih tinggi dari persentase penduduk miskin nasional, yaitu sebesar 12,28 % lebih tinggi dibanding angka nasional sebesar 9,78 %Jumlah Anak terlantar masih berada pada peringkat pertama anak bermasalah sosial, sebesar 10.227 anak, ” jelasnya dalam Program Bincang Special, Selasa (23/02).

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY Agus Setyanto menyebutkan salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan kemiskinan adalah melalui pembentukan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Lestari Budaya. Program ini dibiayai Dana Keistimewaan (Danais).

” KUBE Budaya Lestari meningkatkan pendapatan anggotanya lewat usaha ekonomis produktif berupa seni budaya dan mendukung keistimewaan DIY. Selama pandemi diarahkan pemasarannya melalui jalur online,” terangnya.

Ia juga menjelaskan Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat juga mengedepankan upaya jemput bola dengan menggandeng Penyuluh sosial masyarakat (Pensosmas). Pensosmas menjadi elemen penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Mereka juga dilibatkan dalam bimbingan sosialĀ  serta menggerakkan partisipasi sosial masyarakat.

Saat ini di DIY sudah ada 70 pensosmas yang ada di 4 kabupaten yakni Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman. Mereka telah diberikan sejumlah bekal agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

Ada Upaya Demokrat Menjadi Partai Keluarga SBY

Previous article

Pensomas Dukung Penanganan Permasalahan Sosial di DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja