Kab Bantul

Puluhan Burung Kuntul di Bantul Mati Misterius

0
pengusir burung tenaga surya
burung kuntul (Antara)

STARJOGJA.COM, Info – Kawasan Hutan Mangrove Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul tengah dilanda misteri karena ada puluhan burung kuntul dilaporkan mati berjatuhan dari langit. Tidak ada keterangan jelas mengenai penyebab kematian burung yang masuk suku Ardeidae ini.

Seksi Konservasi Karangtaruna Unit Keluarga Pemuda/Pemudi Baros (KP2B) Tirtohargo, Wawan Widia Ardi Susanto, mengatakan sampai saat ini belum mengetahui perihal penyebab kematian kuntul.

“Kondisinya memang begitu. Banyak yang mati,” kata Wawan, Selasa (23/2/2021). Wawan mengungkapkan kuntul-kuntul itu mati tidak saat berada di darat, tetapi saat terbang. Kuntul itu mendadak jatuh saat terbang, dan tidak berselang lama mati.

Baca Juga : Ayo ke Festival Kuliner Jajal Jajanan Sleman

“Kebanyakan kuntul muda yang mati,” ungkap Wawan. Menurut Wawan, kematian massal kuntul kali ini adalah kali pertama, sejak kawasan itu ditetapkan sebagai kawasan konservasi pada 2006. Wawan masih menunggu hasil pemeriksaan dari BKSDA DIY.

“Kami tunggu saja hasilnya nanti,” ucapnya. Baca Juga : Pedagang Malioboro Jadi Target Vaksinasi Tahap Kedua di DIY Kasi Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Yuyun Prihatining Rahmah, memperkirakan kematian dari kuntul tersebut akibat cuaca.

“Bisa saja karena faktor alam. Sebab, di Sumbermulyo juga terjadi peristiwa yang sama,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Joko Waluyo akan mengecek ke lokasi terkait kematian kuntul.

“Untuk memastikan apa penyebabnya,” katanya.

Sumber : Bisnis.com

Kejagung Kejar Aset Tersangka Kasus Asabri

Previous article

Imam Masjid Besar Istiqlal Imbau Warga Mau Divaksin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul