Flash InfoHealth

Takut Jarum Suntik ? Lakukan 5 Langkah Ini

0
takut jarum suntik

STARJOGJA.COM, HEALTH – Anda takut jarum suntik? Ingin segera disuntik vaksin Covid-19, tapi takut dan khawatir sama jarum atau efek samping setelahnya. Nah, Anda tidak perlu khawatir. Banyak orang yang takut dengan jarum atau efek dari suntikan Covid-19.

Untuk meredakan ketakutan dan kekhawatiran ini, coba cara berikut ini yang dikumpulkan oleh Bisnis dari kidshealth.org:

1. Alihkan Perhatian

Bawalah permainan, buku, musik, atau film – sesuatu yang akan membuat Anda terjebak sehingga Anda tidak duduk di ruang tunggu memikirkan situasi penyuntikan. Beberapa lokasi penyuntikan vaksin juga melakukan penjadwalan, sehingga Anda tidak usah menunggu lama.

2. Latihan Pernapasan

Bernapaslah sampai ke perut dan hembuskan perlahan.  Setiap terdistraksi, kembalikan fokus Anda pada napas Anda. Ingat, pernapasan yang dalam dapat membantu Anda rileks.

3. Fokus ke Satu Benda

Anda juga bisa mencoba mengalihkan fokus perhatian pada sesuatu di dalam ruangan. Temukan gambar, poster, atau tanda di dinding. Konsentrasi pada detail benda yang Anda lihat.

Jika Anda melihat lukisan, coba hitung jumlah bunga di taman, sapi di ladang, atau gambar lainnya. Dengan demikian Anda tidak akan terlalu fokus pada rasa takut melihat jarum suntik.

4. Batuk Dulu

Dikutip dari kidshealth.org, sebuah penelitian menunjukkan bahwa batuk dapat sebelum mendapatkan suntikan dapat membantu beberapa orang mengurangi sakit dan tegang.

5. Rilekskan Tangan Jika tangan Anda tegang, Anda akan merasakan suntukan jauh lebih sakit dibanding ketika Anda rileks. Upayakan untuk merilekskan area yang akan disuntik. Beberapa orang akan merasa pusing setelah mendapatkan suntikan.

Jika demikian, Anda diharapkan duduk atau beristirahat selama 15 menit. Jangan merasa malu untuk mengatakan kepada dokter jika Anda takut jarum suntik atau khawatir dengan suntukan. Tenaga kesehatan sudah terbiasa dengan kondisi ini dan mereka akan membantu membuat Anda lebih rileks.

SUMBER : Bisnis.com

Bendera Setengah Tiang di Gedung Putih untuk 500 Ribu Kematian akibat COVID-19

Previous article

Tak Ingin Tubuh Anda Menua Lebih Cepat kan? Ini Resepnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info