News

Presiden Resmikan KRL Yogya -Solo, Menhub Ingin KRL Ada di Kota Lain

0
Menhub KRL

STARJOGJA.COM, Info – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan melakukan elektrifikasi kereta perkotaan lainnya layaknya Kereta Rel Listrik (KRL) yang sudah beroperasi di jalur Kereta Api Yogyakarta–Solo.

Budi menyebut pembangunan elektrifikasi jalur KA Yogyakarta–Solo ini sejalan dengan program Presiden Jokowi yang selalu menekankan untuk mengedepankan konektivitas, integrasi antar moda, dan modernisasi pada seluruh aspek transportasi di Indonesia.

“KRL Yogya–Solo merupakan KRL pertama yang beroperasi di luar Jabodetabek. Ke depannya KRL seperti ini akan dikembangkan di kota-kota lainnya,” kata Menhub dalam siaran pers, Senin (1/3/2021).

Baca Juga : KRL Yogyakarta Solo Gunakan Listrik PLN

Sebagaimana diketahui, KRL Yogyakarta–Solo ini telah beroperasi sejak 10 Februari 2021. Dalam satu hari, KRL ini dapat melayani 20 perjalanan yang melintasi 11 stasiun yaitu, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Brambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Ceper, Stasiun Delanggu, Stasiun Gawok, Stasiun Purwosari, dan berakhir di Stasiun Solo Balapan.

KRL ini juga memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan Kereta Rel Diesel (KRD) Prameks sebelumnya, di antaranya waktu tempuh perjalanan yang rata-rata 68 menit, atau lebih cepat dengan waktu tempuh rata-rata 75 menit dengan tarif yang masih sama seperti sebelumnya yaitu sebesar Rp8.000 (flat untuk semua rute).

Saat meresmikan pengoperasian layanan KRL, Presiden Jokowi juga mencoba langsung layanan KRL dari Stasiun Tugu, Yogyakarta sampai Stasiun Klaten.

“KRL ini adalah sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan, dengan waktu tempuh yang lebih cepat dan dari sisi biaya operasi lebih murah dibandingkan KRD Prameks. Ini sebuah efisiensi yang bagus sekali. Saya berharap ini bisa membantu mobilisasi masyarakat di Yogyakarta–Solo dan bisa meningkatan pariwisata dan ekonomi kita,” kata Presiden Jokowi.

Sumber : Bisnis.com

Ketua Satgas Covid-19 Minta Penyitas Donor Plasma Konvalesen

Previous article

Virtual Police Bekerja, Peringatkan 21 Akun Media Sosial

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News