News

Vaksin Merah Putih Akan Digunakan Vaksinasi Nasional

0
vaksin merah putih Halal
vaksin merah putih (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Vaksin Merah Putih akan digunakan dalam program vaksinasi pemerintah. Namun, Kementerian Kesehatan tidak dapat banyak terlibat dalam proses pengembangannya sehingga saat ini harus berada dalam posisi menunggu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kementerian berada di posisi menunggu sampai dengan vaksin tersebut mendapatkan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Sesudah fase uji klinis selesai dan mendapatkan izin edar BPOM, baru Vaksin Merah Putih digunakan dalam program vaksinasi nasional,” ujar Nadia kepada Bisnis, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga : Erick : Vaksin Merah Putih Bisa Dipakai 2022

Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman memperkirakan pengembangan Vaksin Merah Putih mendapatkan izin edar dari BPOM pada pertengahan 2022. Adapun, lanjut Nadia, dalam proses pengembangannya Kemenkes belum terlibat secara intens.

Pengembangan Vaksin Merah Putih sendiri baru akan melibatkan sejumlah institusi seperti Eijkman, PT Bio Farma (Persero), LIPI, dan beberapa lainnya termasuk perguruan tinggi. Ketika dihubungi secara terpisah, Juru Bicara dan Sekretaris Perusahaan PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan perusahaan secara intens terus berkoordinasi dengan Eijkman dalam pengembangan Vaksin Merah Putih.

“Saat ini, masih diperlukan waktu untuk melakukan optimasi dalam proses pengembangannya. Bio Farma dan Eijkman terus secara intens melakukan koordinasi dalam riset Vaksin Merah Putih,” kata Bambang kepada Bisnis, Minggu (28/2/2021).

Selain Eijkman, sejumlah institusi yang terlibat dalam pengembangan Vaksin merah Putih, antara lain Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), Institute Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Gadjah Mada (UGM), PT Kalbe Farma Tbk., Biotis, dan Tempo Scan.

Berdasarkan penjelasan dari Bio Farma, belum satupun institusi yang mengembangkan Vaksin Merah Putih menyerahkan kandidat vaksin untuk diproduksi oleh Bio Farma. Eijkman sendiri baru akan menyerahkan kandidat vaksin tersebut pada akhir Maret 2021.

Sumber : Bisnis.com

Bayi Hiu Wajahnya Menyerupai Manusia, Ini Kata BBKSDA NTT

Previous article

Presiden Jokowi Melayat Mendiang Artidjo Alkostar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News