Kab SlemanNews

Satu RT Ada 22 Orang Positif Covid-19, Kaliurang Zona Orange

0
penyintas omicron
Tes Covid-19

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Satu RT Ada 22 Orang Positif Covid-19, Kaliurang Zona Orange. Sebanyak 22 warga di RT 04 Kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman positif covid-19, dengan kasus pertama ditemukan pada 20 Februari lalu. Dari jumlah tersebut, saat ini sebanyak tujuh orang telah dinyatakan sembuh sementara 15 orang lainnya masih menjalani isolasi.

Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito, menjelaskan 22 kasus positif yang berada di pedukuhan Kaliurang Timur ini merupakan satu klaster. Kaliurang Zona Orange. Penemuan kasus pertama pada 20 Feberuari lalu, yang kemudian dilakukan tracing hingga Jumat (5/3/2021) ditemukan total 22 kasus positif.

Dari total kasus tersebut, sebanyak tujuh kasus telah dinyatakan sembuh. Sementara 15 kasus lainnya masih dalam perawatan. “Lima pasien isolasi di Asrama Haji, dua pasien isolasi di RSUD Prambanan dan lainnya isolasi mandiri di rumah,” ujarnya, Sabtu (7/3/2021).

Ia menegaskan untuk warga yang melakukan isolasi mandiri tersebut, sudah diberikan bantuan jatah hidup (jadup) dalam bentuk sembako. Untuk mendukung pemenuhan keperluan seharia-hari, warga sekitar juga bergotong-royong dengan jadwal yang dikoordinasikan oleh Dukuh.

Meski cukup banyak kasus positifnya, ia mengatakan di RT 04 tersebut status zonanya masih orange atau risiko penularan sedang, sebab kasus positif tersebar di 10 rumah. “RT tersebut zonanya orange,” ungkapnya.

Selain RT 04, di Padukuhan Kaliurang Timur juga terdapat sebaran kasus positif lainnya yakni di RT 02 satu kasus dan RT 05 tiga kasus dengan rincian satu sembuh dua aktif. Berdasarkan rumahnya, kasus di RT 02 ada di satu rumah, RT 04 10 rumah dan RT 05 satu rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, mengatakan penetapan zona orange untuk RT 04 ini sesuai dengan pedoman dalam Pemberlakuan Pmbatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yakni satu RT termasuk dalam zona orange jika di dalamnya terdapat kasus positif dalam 6-10 rumah.

“Skenario pengendaliannya dengan menemukan kasus suspek, kontak erat dan melakukan isolasi mandiri. Selain itu, di wilayah tersebut dilakukan penutupan tempat ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Mengantuk Dan Lelah Di Pagi Hari? Coba Langkah Ini

Previous article

Khasiat Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman