Flash InfoHealth

Ini Kunci Keberhasilan Isolasi Mandiri

0
Penularan Covid-19

STARJOGJA.COM– HEALTH.  Ada sejumlah hal yang menjadi Kunci Keberhasilan Isolasi Mandiri. Dikutip dari laman Washington State Department of Health, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Untuk bisa memisahkan diri  dari orang lain dan hewan di rumah Anda, sebisa mungkin tinggal lah di ruangan tertentu jauh dari orang lain. Gunakan kamar mandi terpisah jika tersedia.

Batasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain. Jika memungkinkan, mintalah orang lain merawat mereka.

Jika Anda terpaksa harus merawat hewan kesayangan, karena tidak orang lain yang bisa membantu, jangan lupa kenakan penutup wajah.

Cuci tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan hewan kesayangan Anda.

Memang sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan memiliki peran besar dalam penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19,  ke manusia.

Data yang ada, dan masih terbatas, menyebutkan risiko penularan Covid-19 dari hewan ke manusia tergolong rendah.

Tapi, yang perlu dicatat, Covid-19 bisa menular dari manusia ke hewan. Karena itu, seseorang yang dicurigai atau terkonfirmasi Covid-19 sebaiknya menghindari kontak dengan binatang, termasuk dengan hewan peliharaan mereka.

Sejumlah kasus, meski tidak banyak, menunjukkan adanya kucing dan anjing yang dilaporkan terinfeksi, kebanyakan setelah melakukan kontak dekat dengan orang yang menderita Covid-19.

Hewan yang terinfeksi akan sakit atau bisa juga tidak menunjukkan gejala apa pun. Sementara, hewan yang sakit kebanyakan menderita gejala sedang dan segera pulih.

Jadi, jika Anda tak ingin orang lain di rumah Anda atau hewan kesayangan terinfeksi Covid-19 bertindaklah tegas. Jauhkan diri Anda dari mereka. Lakukan isolasi sebagai bagian dari adaptasi mengatasi kondisi yang terjadi.

Lantas, berapa lama Anda harus menjalani isolasi? Untuk kasus di Amerika Serikat, seperti tertulis di situs  Washington State Department of Health, Anda bisa menghentikan masa isolasi jika menemukan sejumlah indikasi.

Jika menjalani isolasi di rumah, Anda bisa menghentikan masa isolasi saat sudah bebas demam setidaknya selama 24 jam tanpa menggunakan obat penurun demam, dan gejala Anda menjadi lebih baik, dan setidaknya 10 hari telah berlalu sejak gejala Anda pertama kali muncul.

Untuk kasus di Indonesia, keputusan menghentikan isolasi biasanya setelah penderita dinyatakan negatif Covid-19 ditambah isolasi beberapa hari sebelum bisa kembali menjalani kehidupan normal baru.

Kehidupan normal baru di sini yakni dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menegakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak).

Lantas bagaimana jika Anda dinyatakan positif Covid-19, tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun, kapan masa isolasi dapat dihentikan.

Setidaknya 10 hari setelah berlalu sejak tanggal tes Covid -19 positif pertama Anda dan Anda belum sakit karena Covid-19.

Hal yang sama berlaku di Indonesia. Waktu isolasi mandiri minimal 10 hari pertama dari hasil positif Covid-19.

Namun, satu hal yang tidak boleh dilupakan, hal-hal di atas tetap perlu penegasan dari dokter. Jangan sekali pun Anda memutuskan untuk mengakhiri masa isolasi tanpa persetujuan dokter atau tenaga kesehatan, ya.

Jangan lupa, walaupun Anda yang menderita, tapi Anda tidak lebih tahu dari dokter atau tenaga kesehatan soal penanganan terhadap penderita Covid-19.

SUMBER : Bisnis.com

Murid Sekolah Belum Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Previous article

Pemda DIY Diminta Mengoptimalkan Perawatan OTG

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info