Kab KulonprogoNews

36 Orang Terpapar Corona dari Klaster Hajatan di Kulonprogo

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, KULONPROGO – 36 Orang Terpapar Corona dari Klaster Hajatan di Kulonprogo. Jumlah ini berdasarkan data yang dihimpun pada kamis kemarin.

Kasus positif Covid-19 dari klaster hajatan di Kalurahan Bojong Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, bertambah. Per Kamis (11/3/2021) terdapat penambahan kasus sebanyak 25 orang.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan jika penambahan kasus positif Covid-19 di klaster hajatan Kalurahan Bojong, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo, sebanyak 25 orang membuat total kasus Covid-19 di klaster hajatan sebanyak 36 orang.

“Kami melakukan pengambilan sampel uji swab kepada mereka yang memiliki kontak erat tersebut untuk diperiksa di laboratorium balai besar veterinir [BBvet] Wates. Sehingga hari ini tidak ada penambahan kasus,” ujar Baning saat dikonfirmasi pada Jumat (12/3/2021).

Dari 25 penambahan kasus, delapan diantaranya merupakan pamong desa yang bertugas di Kalurahan Bojong, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo.

“Kami telah melakukan tracing lanjutan pada 10-11 Maret 2021 lalu. Dari tracing itu, didapatkan 51 orang yang memiliki kontak erat,” sambung Baning.

Pelayanan di Balai Kalurahan Bojong masih dilakukan penutupan sementara sampai dengan hasil tracing keluar. Selain itu, dikarenakan ada beberapa penambahan kasus, maka pelayanan di Puskesmas Panjatan II ada yang dilakukan secara parsial.

“Sehingga hanya pelayanan tertentu saja yang ditutup. Secara umum pelayanan puskesmas saat ini berjalan dengan lancar seperti biasanya,” terang Baning.

Sebelumnya diberitakan, kasus Covid-19 di kabupaten Kulonprogo meningkat dengan kembali munculnya klaster penularan Covid-19 terbaru di wilayah Kalurahan Bojong, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo.

Klaster penularan Covid-19 tersebut diduga berawal dari kegiatan hajatan yang dilakukan oleh warga. Diduga, dalam pelaksanaan hajatan tersebut, warga tidak menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19 secara ketat.

SUMBER : Harian Jogja

Warung Makan Paling Tak Taat Prokes

Previous article

20.000 Warga Sleman Sudah Divaksin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *