Flash Info

Pantai Ngetun Gunung Kidul, Sensasi Berkemah di Pantai

1
wisata Gunung kidul
Suasana di Pantai NGetun Gunungkidul (Diasta Nikki)

STARJOGJA.COM, Info – Bila mendengar kata ‘berkemah’ mungkin bagi sebagian orang akan langsung terpikirkan daerah hutan, gunung maupun perbukitan, namun tidak jarang orang juga memilih untuk melakukan kegiatan kemah mereka di pantai. Jogja memiliki banyak destinasi wisata pantai, salah satunya di Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal dengan wisata pantai berpasir putihnya yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah. Pantai Ngetun menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan apabila kita ingin berkemah di pantai Gunungkidul.

Pemandangan pantai yang dikelilingi oleh batu karang setinggi bukit menjadi indah terlebih saat sunrise maupun sunset dan ditemani deburan ombak akan memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya.

Baca juga :  Seruni, Pantai Cantik Gunungkidul yang Belum Banyak Dilirik

Pantai Ngetun terletak di Sureng, Purwodadi, tepus, Kabupaten gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam bila kita berangkat dari pusat kota Yogyakarta. Akses untuk sampai ke pantai memang kurang bagus karena jalan yang dilalui masih berupa bebatuan dan dapat menyebabkan ban kendaraan menjadi bocor sehingga dibutuhkan kendaraan dengan kondisi prima.

Tiket masuk untuk mengunjungi pantai Ngetun adalah gratis alis tidak ada tiket yang perlu dibayar, kita hanya perlu membayar retribusi parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi pengendara mobil dan 3 ribu rupiah bagi pengeendara sepeda motor. Kita juga harus menyiapkan perbekalan dan alat kemah sendiri karena tidak banyak warung yang berjualan dan meyewakan peralatan kemah di sekitar Pantai Ngetun.

Untuk mengisi waktu saat berkemah ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, seperti:

Memancing

Bagi yang memiliki hobi memancing kita dapat membawa alat pancing dan memancing dengan santai dengan pemandangan yang indah. Hal yang menarik dari memancing di Pantai Ngetun adalah tidak hanya berbagai jenis ikan saja yang bisa di dapat, tetapi juga berbagai jenis lobster.

Menyelam

Pantai Ngetun memiliki air yang jernih sehingga pada saat menyelam kita dapat melihat berbagai biota laut yang ada di sana, seperti kelomang, ubur-ubur, kerang, bahkan ganggang laut dan rumput laut akan terlihat sangat cantik saat kita melihat dari dalam air. Mengingat Pantai Ngetun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, jika beruntung kita juga dapat melihat penyu, tetapi jangan terlalu dekat karena penyu cukup takut saat melihat manusia.

Photoshoot

Pemandangan baik sunrise maupun sunset di Pantai Ngetun terlalu indah untuk diabaikan. Hal tersebut seringkali menjadi alasan bagi pecinta fotografi mengunjungi Pantai Ngetun untuk berkemah demi menunggu momen tersebut tiba.

Penulis : Diasta Nikki

Antusias Peserta Pameran Jogja PPI 2021 di Tengah Pandemi

Previous article

Petani Kulonprogo Tolak Impor Beras 1 Juta Ton

Next article

You may also like

1 Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info