Pendidikan

UGM Terima 2.069 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

0
perkuliahan publik ugm
UGM antivirus covid-19 (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima sebanyak 2.069 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof. Mohammad Nasih menyampaikan tahun ini sebanyak 110.459 siswa dinyatakan lulus dalam seleksi SNMPTN.

Pada seleksi jalur prestasi ini, jumlah pendaftar mencapai 854.599. Calon Mahasiwa baru yang dinyatakan lulus seleksi ini diterima kuliah di 122 perguruan tinggi.

Peserta yang dinyatakan diterima dari jalur SNMPTN bisa mengakses hasil pengumuman lewat laman LTMPT dan laman perguruan tinggi penerima pada hari Senin (22/3). “Pengumuman bisa diakses di laman LTMPT atau laman perguruan tinggi penerima,“ kata Mohammad Nasih pada konferensi pers pengumuman hasil SNMPTN secara daring, Senin(23/3).

Baca juga :  Vaksinasi Covid-19 di UGM Tanpa KIPI Serius

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan daftar 20 PTN penerima jumlah mahasiswa baru paling banyak dari seleksi SNMPTN, adapun UGM berada di urutan ke-13 yakni 2.069 peserta yang diterima lewat jalur ini. “Sementara urutan pertama adalah Universitas Brawijaya 4.446, disusul Universitas Negeri Semarang 2.765 dan Universitas Pendidikan Indonesia 2.565,”katanya

Sementara dalam daftar persaingan 20 prodi sainteks dan soshum terketat, empat prodi di UGM masuk dalam daftar 20 prodi soshum dengan persaingan terketat. Keempat prodi tersebut adalah Prodi Manajemen dengan tingkat persaingan 1: 58, Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea 1:56, Ilmu Komunikasi 1:54, dan Ilmu Hubungan Internasional 1:53.

Seperti diketahui, setiap PTN dan PTN Badan Hukum wajib menerima minimum 20 persen calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Sedangkan jalur SBMPTN untuk PTN minimum 40 persen dan Seleksi Mandiri maksimum 30 persen. “Khusus untuk dua jalur terakhir ini, PTN Badan Hukum bisa menerima minimum 30 persen dari jalur SBMPTN dan maksimum 50 persen dari seleksi mandiri,” katanya.

Bayu

Banjir Terparah di Australia Ribuan Orang Mengungsi

Previous article

Pertengahan April, Disdikpora DIY Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan