News

KGPH Hadiwinoto Meninggal Dunia, Gamelan Kraton Hening 3 Hari

0
gamelan Kraton
gamelan hb 7 (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Adik kandung raja Kraton Jogja, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) H. Hadiwinoto meninggal dunia. Sesuai tradisi, gamelan di Kraton Jogja tidak boleh dibunyinkan selama tiga hari.

Almarhum Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) H. Hadiwinoto akan dikebumikan di Pemakaman Keluarga Pasareyan Hastorenggo, Kotagede, Jogja, pada Kamis (1/4/2021) pukul 10:00 WIB.

Baca juga : Pemkab Sleman Serahkan 13 Gamelan

Sebelumnya, Gusti Hadi (sapaan KGPH H. Hadiwinoto) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Sardjito pada Rabu (31/3/2021) sekitar pukul 08.15 WIB. Menurut keterangan pihak rumah sakit, penyebab kematian Gusti Hadi adalah sakit jantung murni.

Sebelum dikebumikan, adik Sri Sultan HB X ini disemayamkan di rumah duka Jl. Kenari Gg. Tanjung VII UH 2/322 (Utara Masjid P. Diponegoro, Kompleks Balaikota Jogja).

“Dalam suasana berduka atas wafatnya Lurah Pangeran sekaligus Penghageng KHP. Parasraya Budaya, gamelan keraton tidak diperkenankan untuk dibunyikan selama tiga hari ke depan,” demikian kutipan dalam rilis dari pihak keluarga Gusti Hadi pada Rabu (31/3/2021).

 

Sumber : Harianjogja

Bayu

Pemerintah Resmi Menolak KLB Demokrat Deli Serdang

Previous article

Besok Uji Coba Genose Mulai di Bandara YIA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News