Kota JogjaNews

FORPI Jogja Siap Pantau ASPD

0
forpi jogja asPD
Ilustrasi Ujian Online

STARJOGJA.COM, JOGJA – FORPI Jogja Siap Pantau ASPD . Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta akan melakukan pemantauan pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) bagi siswa kelas IX tingkat SMP, yang akan berlangsung selama empat hari, yakni mulai Senin-Kamis (5-8/4/2021).

Anggota Forpi Kota Yogyakarta Bidang Pemantauan, Baharuddin Kamba, mengatakan pemantauan pelaksanaan ASPD bagi siswa kelas IX tingkat SMP khususnya di Kota Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19 ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan ASPD di Kota Yogyakarta berjalan dengan lancar, tanpa ada halangan apa pun.

” Ingat. Protokol kesehatan (prokes) harus dijalankan secara ketat,” ungkapnya kepada Starjogja.com.

Apabila ada peserta atau pengawas ujian ASPD dengan suhu tubuh melebihi ketentuan yang ada atau memiliki gejala penyakit yang dapat menularkan virus Covid-19, maka pihak sekolah dapat segera berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang ada di sekolah atau Satgas terdekat.

“Diupayakan orang tua/wali murid dapat mengantar maupun menjemput anak sendiri tanpa harus menggunakan jasa ojek online (ojol) karena riskan penyebaran virus corona,” ungkap Baharuddin.

Para siswa diharapkan setelah ujian selesai langsung pulang ke rumah masing-masing. Tidak perlu mampir ke tempat lain.

Ia melanjutkan, jika pun terpaksa kondisinya (karena kedua orang tua bekerja) dan siswa menggunakan jasa ojek online, maka prokes wajib dijalankan secara ketat.

Atau bisa juga pihak sekolah memberikan kebijakan berupa diskresi dengan membolehkan anak membawa kendaraannya sendiri karena kondisi. Dengan catatan memarkirkan kendaraan secara tertib dan tentunya mematuhi peraturan berlalu lintas.

Ia berharap ASPD berjalan dengan lancar hingga selesai. Para siswa mengedepankan nilai-nilai kejujuran serta sarana prasarana di sekolah sudah disiapkan jauh hari sebelumnya.

” Jaringan internet dan aliran listrik dipastikan tidak mengalami gangguan selama pelaksanaan ujian ASPD berlangsung hingga selesai,” harapnya.

Adapun SMP N yang akan Forpi Kota Yogyakarta pantau pada hari pertama pelaksanaan ujian ASPD yakni SMP N 5, SMP N 8, SMP N 4 dan SMP N 15. Pemantauan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga rampung. Pada pelaksanaan ujian ASPD kali ini dibagi menjadi dua sesi. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama pelaksaan ujian ASPD adalah Bahasa Indonesia.

Pembelajaran Tatap Muka Gunungkidul Tunggu Instruksi Gubernur

Previous article

Bupati Bandung Barat Korupsi, Ridwan Kamil : Sudah Diingatkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja