Kab SlemanNews

Awas, Setelah Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19

0
vaksinasi ramadan
Ilustrasi Vaksinasi

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Awas, Setelah Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo menyatakan ada kemungkinan orang yang sudah divaksin masih bisa terkena Covid-19. Secara aturan, setelah pemberian vaksin dosis pertama, masih diikuti dengan dosis kedua. Sebab dosis pertama, kata Joko, kekebalannya belum terbentuk.

“Orang yang sudah mendapat 2 dosis vaksin memang masih bisa tertular virus Corona,” kata Joko, Rabu (7/4/2021).

Hanya saja, setelah pemberian vaksinasi Covid-19 gejala yang diterima tidak akan terlalu berat. Sebab virus yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan yang belum divaksin. Pemberian vaksin untuk melindungi tubuh dari efek berbahaya virus.

“Infeksi dapat terjadi kapan saja sehingga vaksinasi membantu untuk menangkal masalah serius yang mungkin dipicunya. Makanya, yang tidak kalah penting setelah divaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan setelah divaksin,” katanya.

Hingga kini, kata Joko, belum ada temuan atau laporan SDM Kesehatan setelah divaksin kembali terpapar Covid-19.

“Kalau soal vaksinasi mampu meningkatkan kepercayaan diri SDM Kesehatan, itu secara subyektif memang demikian. Dan sejauh ini belum ada SDM Kesehatan yang kembali terpapar Covid, ya mudah-mudahan tidak ada,” harap Joko.

Terkait KIPI, Joko mengatakan sejauh ini belum dilaporkan adanya KIPI berat. KIPI yang dialami penerima vaksin masih tergolong ringan. Artinya semua yang telah berhasil divaksin tetap sehat dan tidak ada keluhan dalam kesehatan yang berarti.

“Tapi sebaiknya minta penjelasan Ketua Pokja KIPI Kabupaten Sleman saja soal KIPI ini,” ujar Joko.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan masalah kepercayaan diri saat menangani pasien Covid-19 sudah menjadi hal lumrah bagi tenaga kesehatan. Bahkan sebelum diberi vaksin.

“Kalau tenaga kesehatan selalu percaya diri mas, karena ini tugas dan terikat sumpah. Dan alhamdulillah sampai saat ini tidak ada (lagi) yang terpapar Covid-19,” ujar Banu.

SUMBER : Harian Jogja

Reza Rahadian Tidak Punya Akun Media Sosial, Ini Alasannya

Previous article

Ini Manfaat Pisang Merah Bagi Tubuh

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman