Kab SlemanNews

Hujan Es Landa Lereng Merapi

0
hujan

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Hujan Es Landa Lereng Merapi, 1 Kandang Ayam Ambruk. Fenomena hujan es kembali terjadi di kawasan lereng Merapi, Jumat (9/4/2021). Hujan es tersebut hanya berlangsung sekitar lima menit saja.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan hujan es terjadi di wilayah Hargobinangun, Kapanewon Pakem sekitar pukul 15.00 WIB. Butiran hujan es yang turun sebesar kelerang.

“Hujan es terjadi di Kaliurang, Boyong, Tanen. Belum ada laporan kerusakan akibat hujan es ini,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Berdasarkan laporan yang masuk, fenomena hujan es terjadi hampir di seluruh wilayah Kaliurang. Selain Boyong, peristiwa yang sama juga terjadi di Dusun Tritis dan Turgo. Selain hujan es, katanya, di wilayah Hargobinangun juga disapu angin kencang.

Akibat hujan deras disertai angin kencang, satu dari tiga kandang ayam milik warga ambruk. “Kandang ayam yang ambruk warga RT3 Boyong Hargobinangun ambruk. Belum diketahui jumlah kerugiannya,” katanya.

Hujan lebat disertai angin kencang dan hujan es yang melanda wilayah Sleman merupakan yang kesekian kalinya terjadi sejak awal Maret lalu.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi DIY Reni Kraningtyas mengatakan hujan es merupakan fenomena alam biasa yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat.

“Saat udara hangat, lembab dan labil terjadi di permukaan bumi maka pengaruh pemanasan bumi yang intensif akibat radiasi matahari akan mengangkat massa udara tersebut ke atas/atmosfer dan mengalami pendinginan,” jelas Reni.

SUMBER : Harian Jogja

Teh Cengkeh Bisa Bikin Langsing

Previous article

Kulit Wajah Cenderung Menua di Masa Pandemi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman