News

Doa nabi Muhammad Saat Ramadan Tiba

0
ramadan
Ilustrasi. Hazim Macky mengambil makan berbuka puasa dari Mohamed Saleem yang disiapkan untuk masyarakat di luar Asosiasi Muslim Puget Sound pada hari pertama Ramadan di tengah wabah corona di Redmond, Washington, AS, 24 April 2020. (Foto: Reuters/Lindsey

STARJOGJA.COM, Info – Ramadan merupakan bulan paling mulia dan dianjurkan memperbanyak amal baik. Umat Islam, baik laki-laki ataupun perempuan, diwajibkan puasa di siang harinya dan dianjurkan memperbanyak ibadah sunnah di malam harinya. Oleh sebab itu, pada malam Ramadan, umat Islam meramaikan masjid dengan ibadah untuk menghidupkan malam Ramadan.

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW sangat menunggu kedatangan Ramadan dan mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan Ramadan. Beliau juga memunajatkan doa-doa tertentu dalam rangka menyambut Ramadan.

Baca juga : Alasan Makan Buah Kurma Selama Bulan Ramadan

Atas dasar itu, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan berikut ini dikutip dari nu.or.id Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh Artinya,

“Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi SAW saat melihat hilal membaca doa di atas. Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi dan masih banyak hadis lain yang menjelaskan do’a Nabi SAW ketika masuk Ramadhan atau melihat hilal.

Berdasarkan hadis tersebut, disunnahkan membaca do’a yang dilafalkan Nabi itu ketika melihat hilal Ramadan atau setelah diumumkan bulan Ramadan telah tiba.

Dengan membaca do’a tersebut, harapannya umur kita dipanjang oleh Allah SWT, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dalam keadaan beriman dan dikarunia kesehatan.

Sumber : Bisnis

Ini Cara Agar Kulit Tetap Sehat saat Berpuasa

Previous article

Pemda DIY Tunggu Keputusan Libur Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News