Flash InfoHealth

Olahraga Ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

0
kesemutan penyakit

STARJOGJA.COM, HEALTH – 6 Jenis Olahraga Ini Bisa Dilakukan Saat Puasa. Ya, meski berpuasa bukan berarti kita berhenti berolahraga yak. Ramadan bukan menjadi halangan Anda melakukan latihan fisik rutin demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Walau begitu ada sejumlah penyesuaian yang perlu Anda lakukan.

Dokter spesialis Kedokteran Olahraga Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sekaligus staf pengajar di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI, Listya Tresnanti Mirtha, menyebutkan salah satu penyesuaian olahraga saat puasa adalah frekuensi latihan yang tidak sesering pada bulan-bulan biasanya.

“Intesitas latihan juga lebih ringan dari biasanya, waktu dibuat lebih singkat dan jenis latihan diutamakan yang bersifat aerobik,” ujar dia dalam seminar awam yang digelar RSUI via daring, sebagaimana mengutip laman Bisnis.com, Jumat (9/4/2021).

Dari sisi frekuensi, Anda bisa melakukan latihan fisik tiga kali dalam sepekan dengan durasi 10-15 menit saat pagi setelah shalat subuh atau sore hari selama 30 menit menjelang waktu berbuka puasa.

Berikut ini sejumlah olahraga yang bisa dilakukan dilakukan saat puasa sebagaimana mengutip laman halodoc:

1. Jalan Santai

Jalan santai merupakan olahraga yang cocok dilakukan saat puasa.  Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

2. Bersepeda Sore Hari

Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung.

Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

3. Yoga

Yoga termasuk olahraga ringan sehingga bisa dilakukan saat puasa (ilustrasi/Freepik)
Yoga termasuk olahraga ringan sehingga bisa dilakukan saat puasa (ilustrasi/Freepik)

Melansir laman Live Strong, yoga termasuk olahraga ringan sehingga bisa dilakukan di bulan Ramadan. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak akan membuat kamu mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak, sehingga kamu pun tidak akan merasa dehidrasi.

4. Bowling

Bowling termasuk olahraga ringan sehingga juga bisa dilakukan saat puasa. Dengan bermain bowling, kamu bisa sekaligus olahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

5. Latihan Beban

Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

6. Jogging

Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

Penyebab Vaksinasi di Gunungkidul Lambat

Previous article

7 Idol Korea Ini Pernah Cover Lagu Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info