News

Pemkab Sleman Memulai Petani Milenial

0
Petani Milenial sleman
Petani sedang memane tanaman cabai mereka.

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Kabupaten Sleman memulai “kick off” pembentukan Petani Milenial di Kabupaten Sleman yang ditandai dengan panen perdana hasil pertanian petani milenial di demonstration plot (demplot) atau areal percontohan seluas 1,5 hektare di utara area Rumah Dinas Bupati Sleman oleh Bupati Sleman.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Heru Saptono mengatakan bahwa di Kabupaten Sleman pada 2024 ditargetkan terbentuk sebanyak 1.000 petani milenial. Di Kabupaten Sleman sendiri saat ini sudah terdapat 294 petani milenial.

“Kami berharap target ini bisa terpenuhi dengan dengan lebih cepat sebelum 2024. Secara batasan usia petani milenial adalah 19-39 tahun, nanum ada klausul bahwa ‘yang memiliki jiwa muda untuk kemudian bisa menjadi petani milenial’. Jadi kalimat 39 tahun itu tadi ada komanya, sehingga usia diatas 39 masih bisa disebut milenial karena punya semangat dan jiwa milenial,” katanya.

Baca juga : Petani Indonesia Minim dari Kalangan Milenial

Menurut dia, petani milenial selain menguasai bidang pertanian juga menguasai teknologi informasi. Seperti yang dilakukan pada acara tersebut, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan melakukan demonstrasi penyemprotan cabai menggunakan drone.

“Ini sebagai motivasi bagi petani milenial bahwa bertani tidak harus menyentuh lahan tapi bisa melalui teknologi,” katanya.

Panen perdana di lahan 1,5 hektare dari total lahan seluas empat hektare merupakan salah satu demplot yang diinisiasi Bupati Sleman untuk kemudian nantinya kedepan akan dijadikan sebagai sekolah tani.

“Jadi nanti petani milenial bisa belajar di sini untuk menekuni bidang pertanian,” katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa dari total demplot empat hektare yang baru digunakan 1,5 hektare tersebut digunakan untuk menanam ketela rambat, bengkoang, cabai, melon, semangka, kacang panjang, bawang merah, kubis, nanas dan lidah buaya dengan sistem tumpangsari.

Ia berharap nantinya keberadaan petani milenial bisa menjadi petani andalan kabupaten sleman.

“Melihat dari perkembangan saat ini, anak-anak muda kurang berminat pada sektor pertanian. Maka dari itu kami mendorong terbentuknya petani milenial untuk meregenerasi dan lebih memajukan pertanian di Kabupaten Sleman,” katanya.

 

 

Sumber : Antara

Perbatasan Bantul Akan Dijaga Ketat saat Mudik Lebaran

Previous article

ASN Hanya Cuti Dua Hari di Tahun 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News