Flash Info

Penelitian Terbaru, Sinar Matahari Matikan Virus Corona 8 Kali Lipat

0
penyintas omicron
Tes Covid-19

STARJOGJA.COM, Info – Sebuah tim ilmuwan menyerukan penelitian yang lebih besar tentang bagaimana sinar matahari matikan SARS-CoV-2, virus pemicu Covid-19, setelah menyadari ada perbedaan mencolok antara teori terbaru dan hasil eksperimental. Insinyur mekanik UC Santa Barbara Paolo Luzzatto-Fegiz dan rekannya melihat virus itu dinonaktifkan sebanyak delapan kali lebih cepat dalam percobaan daripada model teoritis terbaru hasil prediksi sebelumnya.

“Teori tersebut mengasumsikan bahwa inaktivasi bekerja dengan membuat UVB mengenai RNA virus, merusaknya,” jelas Luzzatto-Fegiz.

Baca Juga :  Tren Covid-19 Kurang Baik, Satgas Minta Perhatian Semua Pihak

Tetapi perbedaan itu menunjukkan ada sesuatu yang lebih dari itu, dan pihaknya mencari tahu apa ini mungkin berguna untuk mengelola virus. Sinar UV, atau bagian spektrum ultraviolet, mudah diserap oleh basa asam nukleat tertentu dalam DNA dan RNA, yang dapat menyebabkannya terikat dengan cara yang sulit diperbaiki. Tapi tidak semua sinar UV itu sama.

Gelombang UV yang lebih panjang, disebut UVA, tidak memiliki cukup energi untuk menimbulkan masalah. Gelombang UVB jarak menengah di bawah sinar matahari yang terutama bertanggung jawab untuk membunuh mikroba dan menempatkan sel kita sendiri pada risiko kerusakan akibat sinar matahari.

Radiasi UVC gelombang pendek telah terbukti efektif melawan virus seperti SARS-CoV-2, meskipun radiasi tersebut masih tersimpan dengan aman dalam cairan manusia. Tetapi jenis UV ini biasanya tidak bersentuhan dengan permukaan bumi, berkat lapisan ozon.

“UVC sangat bagus untuk rumah sakit,” kata rekan penulis dan ahli toksikologi Oregon State University Julie McMurry.

“Tapi di lingkungan lain – misalnya, dapur atau kereta bawah tanah – UVC akan berinteraksi dengan partikulat untuk menghasilkan ozon yang berbahaya.”

Pada Juli 2020, sebuah studi eksperimental menguji efek sinar UV pada SARS-CoV-2 dalam air liur yang disimulasikan. Mereka mencatat virus tidak aktif saat terkena sinar matahari simulasi selama antara 10-20 menit.

“Sinar matahari alami mungkin efektif sebagai disinfektan untuk bahan tidak keropos yang terkontaminasi,” Wood dan rekannya menyimpulkan dalam makalah tersebut. Luzzatto-Feigiz dan tim membandingkan hasil tersebut dengan teori tentang bagaimana sinar matahari mencapai ini, yang diterbitkan hanya sebulan kemudian, dan melihat matematika tidak bertambah.

Studi ini menemukan virus Covid-19 atau SARS-CoV-2 tiga kali lebih sensitif terhadap sinar UV di bawah sinar matahari daripada influenza A, dengan 90 persen partikel virus Corona dinonaktifkan setelah hanya setengah jam terpapar sinar matahari tengah hari di musim panas. Sebagai perbandingan, di musim dingin, partikel infeksius cahaya bisa tetap utuh selama berhari-hari.

Perhitungan lingkungan yang dibuat oleh tim peneliti terpisah menyimpulkan molekul RNA virus sedang rusak secara fotokimia oleh sinar cahaya secara langsung. Ini lebih kuat dicapai dengan panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, seperti UVC dan UVB. Karena UVC tidak mencapai permukaan bumi, peneliti mendasarkan perhitungan paparan cahaya lingkungan mereka pada bagian gelombang menengah UVB dari spektrum UV.

“Inaktivasi yang diamati secara eksperimental dalam air liur simulasi lebih dari delapan kali lebih cepat daripada yang diharapkan dari teori,” tulis Luzzatto-Feigiz dan rekannya, dikutip dari Science Alert. “Jadi, para ilmuwan belum tahu apa yang sedang terjadi,” kata Luzzatto-Fegiz.

Para peneliti menduga ada kemungkinan bahwa alih-alih memengaruhi RNA secara langsung, UVA gelombang panjang mungkin berinteraksi dengan molekul di media pengujian (air liur yang disimulasikan) dengan cara yang mempercepat inaktivasi virus. Hal serupa terlihat dalam pengolahan air limbah – di mana UVA bereaksi dengan zat lain untuk membuat molekul yang merusak virus.

Jika UVA dapat dimanfaatkan untuk memerangi SARS-CoV-2, sumber cahaya khusus panjang gelombang yang murah dan hemat energi mungkin berguna dalam meningkatkan sistem penyaringan udara dengan risiko yang relatif rendah bagi kesehatan manusia.

“Analisis kami menunjukkan perlunya eksperimen tambahan untuk menguji secara terpisah efek panjang gelombang cahaya tertentu dan komposisi medium,” ungkap Luzzatto-Fegiz

Sumber ; Bisnis.com

Bayu

Ketemu Jodoh di Golek Garwo Ora Iso Mudik

Previous article

15 Jenis Kendaraan Bebas Larangan Mudik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info