Flash InfoHealth

Ini Yang Harus disiapkan Saat vaksinasi di Ramadan

0
vaksinasi ramadan
Ilustrasi Vaksinasi

STARJOGJA.COM, HEALTH – Apa yang harus dipersiapkan ketika menjalani vaksinasi saat puasa Ramadan?

Pakar patologi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, dr Tonang Dwi Ardyanto, memberikan tips dan triknya. .

Dalam berita yang dikabarkan Solopos.com pada Selasa (13/4/2021), mengimbau umat muslim saat divaksinasi di Ramadan agar diniatkan ibadah.

“Vaksinasi ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk menangani COVID-19, saya mengajak masyarakat semua agar vaksinasi ini diniatkan dengan baik semoga mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga akhirnya membantu mengatasi pandemi,” terang dia.

Secara prinsip masyarakat tidak perlu ragu vaksinasi Covid-19 di siang hari saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Yang terpenting kita harus yakin bahwa kondisi kita harus fit. Kalau nanti saat puasa sudah waktunya mendapat vaksinasi, istirahat yang cukup dan janganlupa sahur,” imbau Tonang.

Tidak hanya bagi masyarakat yang sehat, bagi masyarakat yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) juga masih bisa melakukan vaksinasi Covid-19 saat puasa.

“Bagi yang memiliki komorbid seperti diabetes, sebetulnya sebelum ada vaksinasi sudah ada petunjuk bagaimana menjalankan puasa sebagai seorang pasien diabetes. Petunjuk itu yang harus dijalani, prinsipnya tidak perlu takut untuk divaksinasi, kalau ragu berkonsultasilah dengan dokter saat tiba waktunya divaksinasi,” kata dia.

Menurut Tonang, asal proses skrinning yang dilakukan petugas lolos, lansia yang menjalani vaksinasi saat puasa aman dilakukan.

Ini Cerita Ramadan di Negeri Empat Musim

Previous article

Perhatikan Ini Saat Olahraga di Bulan Puasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info