Flash InfoLifestyle

‘Rumah Indonesia’ Ajarkan Bahasa Indonesia kepada Anak-anak Diaspora

0
generasi emas Indonesia 2045
FOTO : VOA Indonesia

STARJOGJA.COM, INFO – ‘Rumah Indonesia’ Ajarkan Bahasa Indonesia kepada Anak-anak Diaspora yang tinggal di Amerika Serikat.

Dikutip dari VOA Indonesia, Mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak-anak diaspora Indonesia di Amerika merupakan keinginan para orang tua dengan berbagai tujuan, mulai dari kerinduan melestarikan warisan bahasa ibu orang tua dan leluhur hingga keinginan agar anak-anak memiliki kemahiran bahasa kedua (second language) selain bahasa Inggris. Orang tua meyakini bahasa kedua ini kelak bisa bermanfaat baik dalam profesi maupun kehidupan pribadi.

Sebagian besar generasi pertama diaspora Indonesia di Amerika menginginkan anak-anak mereka tidak melupakan akar dan asal mereka, serta mampu berbahasa Indonesia. Mereka percaya, penguasaan bahasa Indonesia, walaupun sebagai bahasa kedua setelah bahasa Inggris, akan berguna kelak dalam kehidupan profesi dan pribadi.

Sekelompok aktivis diaspora Indonesia yang peduli dan cinta Indonesia mendirikan Rumah Indonesia sebagai wadah pengenalan dan pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia, terutama untuk anak-anak.

Nona Kurniani adalah kepala sekolah bahasa Indonesia di Rumah Indonesia di Washington, D.C. “Jadi misinya memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia yang salah satu programnya adalah mengajar bahasa Indonesia, khususnya saat ini kepada anak-anak di Amerika. Kelas bahasa Indonesia sudah kami mulai tahun 2012. Anak-anak antara umur 6 dan 16 tahun boleh belajar bahasa Indonesia di Rumah Indonesia.”

Ke sanalah Gyon Sugiarto membawa kedua anaknya: Aryo Sugiarto, 14 tahun, dan Lilian Sugiarto, 10 tahun. Gyon menuturkan, istrinya, orang Amerika yang juga lancar berbahasa Indonesia, mendorongnya agar memperkenalkan anak-anak pada budaya tanah kelahiran Gyon. Jadi, sejak kecil anak-anak Gyon bisa berbahasa Jawa dan Sunda. Belakangan mereka berinisiatif belajar Bahasa Indonesia, yang kemudian menjadi bahasa rahasia keluarga ketika sedang bepergian, selain bahasa sehari-hari di rumah.

Aryo dan Lilian, menurut Gyon, aktif berbahasa Indonesia dan selalu bersemangat datang ke Rumah Indonesia.

“Mereka selalu bersemangat untuk datang karena bisa bertemu teman-temannya dan berbahasa Indonesia, dan yang penting bagi mereka, bisa menemukan makanan Indonesia,” ujar Gyon.

SUMBER : VOA Indonesia

Nekat Pulang, Bakal Ditampung ke 44 Rumah Karantina

Previous article

Seniman Belgia Ciptakan Gelembung Pelindung COVID

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info